sign up SIGN UP

LIFE

6 Tips Aman Belanja Kebutuhan Pokok di Supermarket Selama Pandemi Corona

Esra Dopita | Senin, 04 May 2020 03:00 WIB
6 Tips Aman Belanja Kebutuhan Pokok di Supermarket Selama Pandemi Corona
caption
Sejak pemerintah memberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat masyarakat harus melakukan semua aktivitas di rumah, seperti bekerja, belajar, dan beribadah, demi menekan penyebaran virus COVID-19. Namun, aktivitas berbelanja kebutuhan bahan pokok masih dibolehkan. Meski demikian, kamu tetap harus berhati-hati ketika berbelanja. Berikut ini enam tips aman berbelanja bahan makanan ke pasar selama pandemi virus corona.

Pilih Supermarket Terdekat




Foto: https://food.detik.com

Sebelum berbelanja, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Sebaiknya, pilih supermarket atau pasar terdekat dari lokasi rumah. Selain menghemat waktu, dapat meminimalkan kemungkinan risiko penyebaran virus corona saat di perjalanan. 


Tentukan Waktu Berbelanja




Foto: https://food.detik.com/

Selanjutnya, tentukan waktu berbelanja. Jangan berbelanja pada jam sibuk demi menghindari keramaian. Bila berbelanja ke supermarket, kamu bisa berbelanja pada pagi hari saat baru buka atau pada malam hari menjelang tutup. Bila berbelanja di pasar tradisional, hindari berbelanja pada pagi hari karena pada waktu tersebut pasar cenderung lebih ramai. Kamu bisa berbelanja menjelang siang hari, yakni pukul 10.00 ke atas.


Bawa Perlengkapan Diri




Foto: https://news.detik.com/

Ketika berbelanja, jangan lupa membawa perlengkapan diri seperti masker. Pastikan masker menutupi hidung dan mulut dengan sempurna serta menghindari menyentuh wajah dan masker. Selain itu, bawa pula hand sanitizer. Setiba di supermarket atau pasar, segera gunakan hand sanitizer demi membunuh bakteri dan virus yang menempel saat di perjalanan.

Gunakan juga hand sanitizer untuk membersihkan pegangan troli atau keranjang belanja yang sering dipegang. Selama berbelanja, hindari menyentuh benda-benda seperti eskalator dan lainnya. Bila terpaksa atau tak sengaja memegang, segera gunakan hand sanitizer. 



Jaga Jarak




Foto: https://wolipop.detik.com/

Sesuai dengan imbauan pemerintah, kamu juga harus melakukan physical distancing ketika berbelanja. Usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain, baik itu sesama pembeli, penjual, maupun petugas supermarket. Begitu pula terapkan social distancing apabila kamu menggunakan transportasi umum saat berbelanja.


Stok Bahan Makanan




Foto: https://food.detik.com/

Demi tidak keluar rumah setiap hari selama pandemi virus corona, kamu dapat berbelanja untuk kebutuhan selama seminggu hingga dua minggu ke depan. Pilih makanan yang bisa distok atau tahan lama disimpan. Namun, hindari panic buying atau membeli barang-barang secara berlebihan karena dapat menghabiskan stok di pasaran serta membuat orang lain menjadi tidak kebagian. 


Bersihkan Makanan




Foto: https://wolipop.detik.com

Ketika tiba di rumah, segera cuci tangan dan bersihkan diri. Selanjutnya, segera keluarkan makanan dari kemasan, lalu  bersihkan. Bila itu sayur, buah, dan daging, segera bersihkan menggunakan air mengalir serta simpan dalam wadah yang sudah bersihkan, masukan ke kulkas. 

Bila kamu membeli alat rumah tangga, segera bersihkan dengan sabun atau cairan antiseptik. Setelah itu, segera buang kantong kemasan yang digunakan lantaran virus corona dapat hidup di permukaan selama berjam-jam, bahkan hingga hitungan hari. Terakhir, segera cuci tangan kembali. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id