sign up SIGN UP

LIFE

7 Hal Penyebab Gusi Bengkak, Yuk Cari Tahu di Bawah Ini!

Ade Suryani | Sabtu, 07 Mar 2020 10:30 WIB
7 Hal Penyebab Gusi Bengkak, Yuk Cari Tahu di Bawah Ini!
caption
Sama halnya seperti gigi, gusi pun juga rentan mengalami masalah. Salah satunya adalah gusi bengkak. Penyebab gusi bengkak pun beragam, mulai dari hal sepele hingga serius. Oleh karena itu Beautynesian, penting untuk kamu mengetahui penyebab dari gusimu yang bengkak agar dapat mempermudah pengobatan. Untuk itu, silahkah simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gingivitis


Foto: Istimewa

Gingivitis merupakan penyakit yang paling sering menyebabkan gusi menjadi iritasi meradang dan bengkak. Penyakit ini sendiri biasanya disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. 

Adanya sisa makanan yang terselip di sela gigi dan gusi lama kelamaan akan menjadi plak. Plak yang tidak dibersihkan tersebut akan mengeras dan menjadi karang gigi. Karang gigi inilah yang akhirnya menjadi penyebab gingivitis. Sementara itu, gigi yang kotor juga rentan berlubang dan dapat memicu kemunculan abses (benjolan bernanah) pada gusi. Hal inilah membuat gusi tampak bengkak.


2. Sariawan


Foto: Istimewa

Gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh sariawan di mulut. Sariawan memang menyebabkan perih dan nyeri yang luar biasa, sehingga mengalami kesulitan untuk makan dan berbicara. 

Gusi yang bengkak karena sariawan bisa jadi penyebabnya adanya gangguan sistem imun maupun infeksi dari bakteri atau virus seperti herpes oral. Selain itu, cedera akibat benturan keras pada mulut juga bisa membuat gusi bengkak mirip sariawan.


3. Kehamilan


Foto: Istimewa

Ternyata kehamilan juga dapat menjadi penyebab gusi bengkak lho. Hal ini sendiri dikarenakan perubahan hormon selama kehamilan membuat tubuh wanita memproduksi darah lebih banyak dari biasanya. Akibatnya gusi menjadi lebih rentan mengalami iritasi yang berujung menjadi bengkak.

Selain itu, perubahan hormon dan sistem imun yang melemah selama kehamilan juga dapat menghambat kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi. Karena itulah resiko gusi bengkak selama kehamilan sulit dihindari oleh ibu hamil.
 



4. Perubahan Hormon pada Wanita


Foto: Istimewa

Saat masa puber dan menstruasi, kadar hormon progesteron yang meningkat akan turut memperbanyak aliran darah ke gusi. Hal inilah yang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak, kemerahan dan sangat sensitif. Sedangkan bagi wanita lanjut usia, menopause juga dapat menyebabkan masalah gusi yang sama.
 


5. Efek Obat Kemoterapi


Foto: Istimewa

Penggunaan obat-obatan kemoterapi kadangkala memang menyebabkan beberapap efek samping. Mulai dari mual, muntah, rambut rontok, perubahan warna kulit hingga gusi bengkak. 

Efek dari kemoterapi memang bisa menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif, sehingga rentan meradang dan bengkak. Selain itu, penggunaan obat lain seperti kortikosteroid, anti-epilepsi dan calcium channel inhibitor juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak.
 


6. Kekurangan Vitamin


Foto: Istimewa

Kurangnya asupan vitamin B dan C juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Vitamin C mempunyai peranan penting dalam memproduksi kolagen yang membentuk jaringan gusi. Sedangkan vitamin B bertugas untuk membantu pertumbuhan sel dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk gusi. Oleh karena itu, kekurangan dua vitamin ini dapat membuat seseorang rentan mengalami sariawan dan gusi yang membengkak.
 


7. Merokok


Foto: Istimewa

Selain membahayakan jantung dan paru-paru, merokok juga bisa menyebakan infeksi gigi dan gusi. Bahkan orang yang merokok diketahui jauh lebih beresiko terserang penyakit gusi. Selain itu, merokok juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Karena itulah perokok beresiko tinggi mengalami infeksi gusi. 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id