sign up SIGN UP

LIFE

Agar Awet dan Kualitiasnya Terjaga, Ini Cara Benar Menyimpan Kurma

Rumaysha Milhania | Minggu, 03 May 2020 15:00 WIB
Agar Awet dan Kualitiasnya Terjaga, Ini Cara Benar Menyimpan Kurma
caption
Tahukah kamu jika ada cara tertentu untuk menyimpan kurma agar bisa lebih awet dan terjaga kualitasnya? Yuk, intip ulasan tentang tips menyimpan kurma berikut ini.

Selama bulan Ramadan, orang-orang biasanya akan berbondong-bondong membeli kurma untuk pilihan takjil saat berbuka seperti sunnah Nabi. Kita dianjurkan untuk memakan kurma dalam jumlah ganjil. Namun, mengingat buah kurma tidak dimakan sekaligus banyak, tentu kamu akan bertanya-tanya bagaimana cara menyimpan kurma selama satu bulan agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik? Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai cara menyimpan kurma agar tahan lama yang harus kamu simak!

1. Saat Beli Kurma dalam Kemasan, Perhatikan Tanggal Kadaluarsanya

Jika kamu membeli kurma dalam kemasan, biasanya ada tanggal kadaluarsa yang harus diperhatikan. Hindari membeli kurma dengan kadaluarsa yang sudah dekat. Sangat dianjurkan untuk memilih yang tanggal kadaluarsanya masih cukup jauh sehingga aman untuk disimpan selama Ramadan.


Foto: https://www.thespruceeats.com/


2. Aturan Penyimpanan dalam Suhu Kamar

Meskipun tanggal kadaluarsanya masih cukup jauh, perhatikan bahwa kurma yang disimpan dalam suhu kamar tidak bisa bertahan lama. Kurma-kurma yang disimpan dalam suhu kamar biasanya hanya bertahan sekitar 1 bulan untuk kualitas terbaiknya.
 



3. Simpan Kurma dalam Kontainer Kedap Udara

Jika kamu memutuskan untuk menyimpan kurma dalam suhu ruangan, pastikan untuk menyimpannya dalam kotak atau kontainer kedap udara. Hal ini penting untuk menjaga kurma agar tidak cepat berkurang kualitasnya.
 



Foto: https://www.ocado.com/


4. Simpan dalam Freezer

Untuk penyimpanan yang lebih tahan lama, simpan kurma dalam freezer. Kamu dapat menaruhnya dalam kemasan kedap udara, lalu menaruhnya dalam kotak atau kontainer yang disimpan dalam freezer. Untuk kurma yang disimpan dalam freezer, kamu bisa mendapatkannya lebih bertahan lama hingga 3 bulan.
 



5. Kenali Kurma yang Sudah Tidak Segar

Selain itu, pahami juga beberapa tanda bahwa kurma yang dibeli sudah tidak lagi segar. Beberapa ciri-ciri kurma yang sudah tidak lagi segar antara lain adalah kulitnya yang semakin kering (tidak kenyal), kulitnya yang kusam (tidak mengkilap), dan dagingnya yang mulai kempis (tidak berisi). Terakhir, waspadai juga tanda kurma yang tak lagi segar dengan munculnya bercak atau kristal gula putih pada kulitnya.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id