sign up SIGN UP

LIFE

Agar Bangun dengan Fit, Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur Ini!

Citra Sugandi | Kamis, 07 Nov 2019 14:15 WIB
Agar Bangun dengan Fit, Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur Ini!
caption
Kamu merasa bangun tidur badan malah lelah dan nggak enak? Ternyata, hal ini bergantung pada kebiasaan yang kamu lakukan sebelum tidur, lho.

Ladies, kegiatan apa aja nih yang biasa kamu lakukan sebelum tidur? Tahu nggak ternyata kegiatan yang kamu lakukan ini bisa memengaruhi kualitas tidurmu, nyenyak atau sebaliknya. Buat kamu yang harus bekerja pagi hari, tidur yang nyenyak setelah seharian beraktifitas tentu menjadi penting. Nah, agar kamu bisa bangun dengan tubuh fit dan bugar karena tidur nyenyak semalaman, simak 5 kebiasaan sehat sebelum tidur berikut ini! 
 


Minum Air Putih Sebelum Tidur


Sudah diketahui secara umum bahwa air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kelembapan kulit saat kita tidur. Demi kulit yang senantiasa terhidrasi, kamu disarankan untuk minum minimal satu gelas air bersuhu normal, bukan dingin atau panas. Minum air ini beberapa jam sebelum tidur. Kebiasaan ini ternyata bermanfaat baik! 
 


Foto: Istimewa

Olahraga Ringan


Pernah dengar kalau olahraga sebelum tidur itu katanya baik untuk kesehata tubuh? Yap, hal ini terbukti baik secara kesehatan. Latihan fisik bisa jadi cara terbaik untuk mengurangi stres serta meningkatkan metabolisme tubuh sebelum tidur. Tapi ingat, pilih olahraga ringan yang nggak terlalu melelahkan namun bisa membakar lemak bersamaan. Kamu bisa memilih berenang atau angkat bebas, lho. 
 



Foto: Istimewa

Mandi Air Hangat Agar Rileks


Kamu sering mengalami susah tidur atau bahkan insomnia? Solusi mudahnya, kamu bisa mandi air hangat sebelum tidur. Menurut penelitian, suhu tubuh memiliki pengaruh besar pada kualitas tidur, lho. Mandi air hangat ini memiliki efek powering down yang dapat membuat otot di seluruh tubuh jadi rileks. Hal ini akan membuat kamu merasa tenang serta nyaman. Setelah itu, kamu pun bisa lebih mudah tertidur, nih. 
 


Foto: Istimewa

Jauhkan Gadget dari Tempat Tidur


Sebelum tidur, kamu nggak disarankan untuk memainkan gadget, Ladies. Cahaya yang terpancar dari layar gadget ini bisa mengurangi jumlah melatonin yakni hormon dalam tubuh yang berfungsi kamu mudah tertidur. Solusinya, jauhkan gadget minimal satu jam sebelum tidur agar kamu bisa tertidur dengan nyenyak. 
 


Foto: Istimewa

Lakukan Meditasi yang Menenangkan


Kamu mengalami hari melelahkan yang membuat stres? Kamu bisa mencoba melakukan meditasi sebelum tidur agar tidurmu lebih nyenyak. Caranya mudah kok, kamu bisa memasang aromaterapi dengan aroma menenangkan, pasang musik bernada lembut, padamkan lampur kamar. Pejamkan mata beberapa saat dan tarik napas dengan teratur. Hal ini bisa bermanfaat menghilangkan beban pikiran dan sakit kepala juga membantumu tidur lebih nyenyak. 
 


Foto: Istimewa

Nah, itu dia 5 kebiasaan sehat yang bisa mulai kamu terapkan dari sekarang, Ladies. Kebiasaan yang baik akan membuat kualitas tidurmu jadi semakin baik juga! 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id