sign up SIGN UP

LIFE

Atasi Penyakit Kewanitaan, Makanan Ini Membantu Meringankan Gejala PCOS

Astari Dewi Larasati | Rabu, 30 Sep 2020 13:00 WIB
Atasi Penyakit Kewanitaan, Makanan Ini Membantu Meringankan Gejala PCOS
caption
Jakarta -

PCOS adalah singkatan dari Polycystic Ovarian Syndrome yang mengganggu hormon pada wanita di usia subur. Biasanya mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon maskulin yang berlebihan. Gejalanya mulai menstruasi yang tidak lancar, timbulnya rambut di bagian yang tidak wajar, hingga warna kulit menjadi lebih gelap khususnya pada lipatan leher hingga bagian bawah payudara.

Namun ada bebarapa makanan yang bisa mengatasi untuk meringankan gejala PCOS. Termasuk menyeimbangkan gula darah dengan banyak protein, serat, dan lemak sehat. Berikut ini beberapa makanan yang cocok untuk orang dengan gejala PCOS.

Almond

Mengandung lemak sehat, magnesium, vitamin E, serat protein hingga kalsium.
Almond/freepik.com

Kacang almond mengandung lemak sehat, magnesium, vitamin E, serat protein hingga kalsium. Menjadikan cemilan sehat ini sebagai pembangkit nutrisi untuk siapa saja, terutama penderita gejala PCOS. Almond dapat menyehatkan jantung, mencegah gula darah, dan mencegah naiknya insulin. Mengonsumsi kacang ini juga dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin C.
Blueberry/freepik.com

Blueberry kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin C. Buah-buahan kecil ini menjelaskan bahwa dapat mengurangi resistensi insulin, stress oksidatif, dan semua faktor yang menyebabkan terkait PCOS. Ada beberapa rasa yang sedikit asam, namun adapula yang manis.

Jamur maitake

Konsumsi ekstrak jamur maitake dapat mendukung ovulasi pada beberapa orang dengan diagnosis PCOS.
Jamur maitake/pinterest.com/bethmarks

Jamur jenis ini biasanya tambahan untuk topping pizza, tumis atau sup, dan mempunyai rasa umami. Konsumsi ekstrak jamur maitake dapat mendukung ovulasi pada beberapa orang dengan diagnosis PCOS. Jamur secara umum bisa menjadi tambahan yang kaya antioksidan untuk banyak makanan.

Walnuts

Mengandung lemak sehat, protein nabati, dan serat.
Walnuts/freepik.com

Kenari adalah makanan padat nutrisi yang bisa ditambahkan ke oatmeal dan yoghurt. Saat mengatasi gelasa PCOS, kenari bisa menjadi pilihan bagus karena mengandung lemak sehat, protein nabati, dan serat yang dapat membantu mengelola gula darah. Konsumsi kenari selama enam minggu mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dan peningkatan sensitivitas insulin.

Salmon

Kaya akan protein, vitamin B, dan lemak omega tiga.
Salmon/freepik.com

Kaya akan protein, vitamin B, dan lemak omega tiga. Kandungan omega tiga sangat penting untuk PCOS karena dapat membantu mengurangi peradangan, menurunkan trigliserida, dan meninggalkan resistensi insulin. Punya rasa yang enak, salmon menjadi pilihan favorit banyak orang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id