sign up SIGN UP

LIFE

Awas! Makanan dan Minuman Ini Dapat Merusak Imunitas Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Ade Suryani | Jumat, 03 Apr 2020 07:00 WIB
Awas! Makanan dan Minuman Ini Dapat Merusak Imunitas Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebihan
caption
Di tengah wabah virus corona saat ini sangat penting menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan dan menghindari makanan yang dapat merusak imunitas tubuh.

Virus corona yang menjadi ancaman di seluruh dunia biasanya akan mudah menyerang orang dengan imunitas lemah. Lemahnya sistem kekebalan tubuh dapat disebabkan karena berkurangnya sel darah putih. ​​​​​​Sedangkan jumlah sel darah putih juga dipengaruhi oleh berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari berbagai makanan dan minuman yang dapat memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari detik.com, berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak sistem imunitas tubuh.


Foto: https://freepik.com

1. Fast Food




Foto: https://freepik.com

Tentunya kamu juga sudah tahu bahwa fast food bukanlah makanan yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan makanan ini diketahui dapat merusak imunitas tubuh. Hal ini juga dibuktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa fast food dapat menimbulkan masalah yang potensial pada sistem kekebalan tubuh. 

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus. Pada awalnya tikus yang diberi makanan tinggi gula dan rendah serat, sistem kekebalan tubuhnya menjadi sangat lemah. Namun ketika diberi makanan yang sehat, sistem kekebalan pada tubuh tikuspun menjadi kembali normal.


2. Minuman Bersoda




Foto: https://freepik.com

Selain menyegarkan, minuman bersoda memang cukup banyak diminati. Namun sayangnya, minuman ini bukan merupakan pilihan yang baik dalam menghilangkan dehidrasi. Selain itu, adanya kandungan gula yang banyak dan mengandung berbagai bahan pemanis buatan, membuat minuman ini berefek buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Sebuah hasil peneltian juga menunjukkan bahwa bahan-bahan yang terdapat dalam pembuatan minuman bersoda meniliki efek buruk ada metabolisme glukosa. Penelitian ini juga menyarankan untuk mengganti minuman soda dengan minuman sehat yang menyegarkan lainnya. Seperti infused water atau teh hijau yang kaya antioksidan dan baik untuk sistem kekebalan tubuh.



3. Makanan Mengandung MSG




Foto: https://freepik.com

Kandungan MSG pada makanan memang dapat memberikan rasa yang lezat. Namun efek samping yang diberikan malah cukup berbahaya pada tubuh. Hal ini juga telah dibuktikan melalui hasil sebuah penelitian.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa makanan yang mengandung MSG dapat menyebabkan perubahan pada kelenjar limpa dan juga kelenjar timus. Hal ini sendiri dapat mengurangi sel darah putih yang merupakan bagian penting pada sistem daya tahan tubuh. Jika tubuh kekurangan sel darah putih tentunya sistem imun akan merosot dan membuat tubuh mudah terpapar virus atau penyakit.


4. Kafein




Foto: https://freepik.com

Mengonsumsi kafein di pagi hari mungkin dapat membuatmu menjadi lebih baik. Namun, kafein juga memiliki efek yang tidak baik pada sistem kekebalan tubuh. Efek pada kafein tersebut ternyata dapat berpengaruh pada peningkatan kadar kortisol. Kortisol sendiri merupakan hormon yang dilepaskan sebagai respon terhadap stres. Hormon ini berperan dalam metabolisme dan suasana hati. Selain itu, jika berlebihan kortisol juga dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan. Karena jika berlebihan dapat mengurangi jumlah sel yang diproduksi tubuh, menekan fungsi limfosit dan menurunkan produksi interleukin atau sekelompok protein yang pertama kali diekspresikan oleh sel darah putih.


5. Minuman Berakohol




Foto: https://freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi jika minuman berakohol memiliki dampak buruk pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini lantaran kandungan pada minuman tersebut dapat merusak fungsi makrofag, imunoglobulin, sitokin dan merusak produk sel. Semua itu merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh. 

Minuman berakohol juga dapat memengaruhi hormon dan mengganggu ritme sirkadian atau pola tidur. Padahal siklus tidur berkaitan erat dengan fungsi pada sistem kekebalan tubuh. Biasanya efek tersebut dapat terjadi pada orang yang minum alkohol terlalu banyak. Namun, minum dalam jumlah sedikit juga bisa menimbulkan masalah pada tubuh. Karena ahli kesehatan mengatakan bahwa orang yang minum alkohol dalam jumlah sedang juga bisa menurunkan fungsi sistem imunitas tubuh.

Baca Juga: Artis Indonesia Pakai Kalung Virus Shut Out yang Diklaim Bisa Lawan Corona


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id