sign up SIGN UP

LIFE

Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Mandi Pagi yang Perlu Kamu Ketahui!

Jovita | Senin, 24 Feb 2020 04:00 WIB
Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Mandi Pagi yang Perlu Kamu Ketahui!
caption
Setiap pagi merupakan hari yang baru, oleh karena itu kamu perlu semangat dalam menghadapinya. Salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat di sepanjang hari adalah dengan mandi pagi. Meskipun terkadang merasa malas, jangan sampai kamu melewatkannya. Menurut penelitian, mandi di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Berikut informasinya!

1. Membantu melawan penyakit


Source: pixabay.com

Manfaat mandi pagi yang pertama adalah untuk membantu melawan penyakit. Mandi pagi dengan air dingin dipercaya dapat merangsang sel darah putih atau yang disebut leukosit dalam aliran darah kita, Ladies.

Leukosit ini berfungsi melawan infeksi penyakit di dalam tubuh. Untuk itu, Beautynesian perlu untuk menerapkan kebiasaan mandi pagi agar tubuh dapat jadi lebih kuat dalam peperangannya melawan serangan penyakit.


2. Meringankan nyeri otot


Source: pixabay.com

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah dapat meringankan nyeri otot. Setelah melakukan olahraga dan menjalani aktivitas seharian yang padat, tentu kadang badan menjadi lelah dan otot terasa kaku. 

Untuk mengurangi kondisi ini, ada beberapa hal sederhana yang dapat Beautynesian lakukan. Di antaranya dengan beristirahat, mengurangi intensitas berolahraga saat sedang kelelahan dan mandi air dingin.

Sejauh ini, memang belum diketahui pasti apa yang menyebabkan nyeri otot berkurang setelah mandi pagi dengan air dingin. Namun beberapa ahli menduga ini berkaitan dengan efek relaksasi dan aktivitas saraf yang dapat meredam efek nyeri.


5. Menghilangkan gejala depresi


Source: pixabay.com

Jika Beautynesian pernah mengalami gejala depresi, seperti suasana hati tertekan, kehilangan energi hampir setiap hari, gangguan tidur, cobalah atasi melalui mandi pagi dengan air dingin.
Terapi air dingin ini dapat mengaktifkan kinerja sistem saraf yang akan meningkatkan aliran darah, serta pelepasan hormon yang dapat membantu orang yang depresi agar merasa lebih segar.

Selain itu, mandi pagi dengan air dingin juga dapat memicu pelepasan hormon endrofin yang bekerja melawan hormon stres, serta menghasilkan serotonin, zat kimia di dalam otak yang dapat meredakan depresi. Ditambah lagi, terapi ini juga akan membantu membentuk zat-zat yang dapat meningkatkan kinerja dan mencegah kerusakan sel otak, lho Beautynesian.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id