sign up SIGN UP

LIFE

Biar Enggak Gampang Sakit, Ini 7 Cara Hidup Lebih Bersih

Henny Alifah | Rabu, 25 Mar 2020 06:10 WIB
Biar Enggak Gampang Sakit, Ini 7 Cara Hidup Lebih Bersih
caption
Peralihan musim, badan capek, serta kuman, bakteri, dan virus penyakit yang ada di mana-mana membuat tubuh rentan terserang penyakit. Untuk itu, daya tahan tubuh mutlak ditingkatkan. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar tidak mudah sakit yaitu dengan menjaga kebersihan diri sendiri atau menerapkan personal hygiene. Begini caranya.

1. Mandi setiap hari


Foto: Istimewa
image source: woman.excite.co.jp

Tubuh manusia dapat menyediakan tempat bagi kuman dan parasit penyebab penyakit untuk tumbuh dan berkembang biak. Kecil kemungkinan kuman dan parasit akan masuk ke dalam tubuh jika orang memiliki kebiasaan kebersihan pribadi yang baik.

Karena itu, hidup sehat bisa dimulai dengan rajin mandi. Setidaknya mandilah satu kali sehari, kecuali memang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan seperti camping atau kekurangan air. Jika hal itu terjadi, bisa ganti dengan berenang atau membersihkan seluruh tubuh menggunakan spons atau kain basah.
 


2. Sikat gigi minimal satu kali sehari


Foto: Istimewa
image source: thelist.com

Tips tidak mudah sakit yang berikutnya, sikat gigi. Minimal lakukan sekali sehari, namun dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Jika ingin menyikat gigi setelah makan, akan lebih baik jika dilakukan 30 menit setelah makan. Sikat gigi akan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi serta mencegah berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut.
 


5. Ganti pakaian dengan yang bersih


Foto: Istimewa
image source: cemglobal.com

Untuk hidup sehat, perhatikan pula pakaian yang kamu pakai. Sebaiknya tidak memakai pakaian yang sama lebih dari satu hari. Juga penting diingat, pakaian kotor harus dicuci dengan sabun cuci sebelum dipakai lagi. Mencuci pakaian membantu menjaga mereka bebas dari kuman penyebab penyakit.
 



6. Jemur pakaian di bawah sinar matahari


Foto: Istimewa
image source: thespruce.com

Berlaku pula untuk handuk setiap habis pakai, upayakan tidak meletakkannya di dalam kamar mandi. Sinar matahari akan membunuh beberapa kuman dan parasit penyebab penyakit. 
 


7. Balik badan atau menutup hidung dan mulut saat bersin dan batuk


Foto: Istimewa
image source: lung.ca

Jika ini tidak dilakukan, tetesan cairan yang mengandung kuman dari hidung dan mulut akan menyebar di udara dan orang lain bisa menghirupnya, atau tetesan itu bisa masuk ke makanan. Jadi pastikan kamu menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk, dengan cara yang dianjurkan yaitu menggunakan siku dalam.

Itu tadi tujuh tips tidak mudah sakit dengan cara menjaga kebersihan pribadi atau personal hygiene. Cara ini perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kamu tetap sehat bebas penyakit.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id