sign up SIGN UP

LIFE

Bukan hanya Anemia, Ini Penyakit Kelainan Darah yang Perlu Kamu Tahu!

Ayu Miranti | Selasa, 26 Nov 2019 08:00 WIB
Bukan hanya Anemia, Ini Penyakit Kelainan Darah yang Perlu Kamu Tahu!
caption
Tanpa kamu sadari, gejala yang biasanya dianggap wajar, justru bisa menjadi pertanda penyakit serius. Berikut adalah penyakit kelainan darah yang perlu kamu tahu!

Bicara tentang penyakit kelainan darah, sebagian besar dari kamu mungkin hanya familiar dengan anemia. Padahal, ada banyak penyakit kelainan darah lainnya yang mengintai di sekitarmu. Berikut ini adalah semua tentang penyakit kelainan darah yang perlu kamu tahu.
 


Anemia Autoimun Hemolitik


Foto: Istimewa

Anemia yang umumnya terjadi disebabkan oleh kadar sel darah merah yang sangat rendah karena kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12 dan pendarahan berlebihan. Namun, anemia autoimun hemolitik disebabkan oleh gangguan autoimun di mana sistem kekebalan menghancurkan sel darah merah. 

Gejala penyakit ini diantaranya pusing, kulit pucat, tubuh cepat lelah, demam, perut terasa tidak nyaman karena limpa dan hati membesar serta jantung berdebar.
 


Leukimia


Foto: Istimewa

Leukimia adalah salah satu penyakit yang sering kamu dengar di film, kan? Penyakit ini merupakan salah satu bentuk dari kanker darah. Sel darah putih diproduksi secara berlebihan dalam sumsum tulang. 

Gejala penyakit ini secara umum adalah demam dan menggigil, mual dan muntah, tubuh mudah lelah, sering terinfeksi hingga sesak nafas. Pastikan untuk periksakan diri ke dokter untuk memberikan penanganan dini dan upaya pencegahan perkembangan penyakit.
 



Hemofilia


Foto: Istimewa

Hemofilia adalah penyakit gangguan pendarahan karena kekurangan faktor pembekuan darah. Akibatnya, saat mengalami luka, pendarahan akan berlangsung sangat lama. Pada umumnya, hemofilia adalah penyakit bawaan yang diturunkan karena mutasi gen yang mengakibatkan perubahan kromosom. Gejala yang terlihat adalah kulit mudah memar, pendarahan di area sendi dan kesemutan pada lutut, siku dan pergelangan kaki.
 


Limfoma


Foto: Istimewa

Penyakit ini merupakan kelainan darah yang menyerang sel darah putih. Perkembangan sel darah putih yang di luar kendali ini memengaruhi organ lain seperti kelenjar getah bening, limpa dan sumsum tulang belakang.
 


Multiple Myeloma


Foto: Istimewa

Multiple Myeloma termasuk dalam kategori kanker. Penyakit ini terjadi karena sel plasma yang berkembang biak secara berlebihan. Padahal, plasma darah memiliki peranan penting dalam produksi antibodi sebagai imunitas tubuh. Akibatnya, imunitas tubuh melemah dan membuat penderitanya mengalami autoimun. 

Itulah beberapa penyakit kelainan darah yang perlu kamu tahu. Jika mengalami gejala-gejala di atas, segera periksa ke dokter ya. 
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id