sign up SIGN UP

LIFE

Cara Membedakan Darah Menstruasi dan Tanda Awal Kehamilan

Amrih Priutami | Senin, 16 Sep 2019 12:50 WIB
Cara Membedakan Darah Menstruasi dan Tanda Awal Kehamilan
caption
Menstruasi ialah salah satu tanda perempuan sedang tidak hamil. Meski begitu ada juga lho darah implantasi yang keluar justru sebagai tanda dari awal kehamilan. Hal ini tampak membingungkan terutama bagi perempuan yang baru pertama kali hamil.

Tanda awal kehamilan bagi sebagian wanita bisa ditandai dengan keluarnya darah implantasi. Hal ini disebabkan ketika sel telur yang telah dibuahi menembus dinding rahim. Implantasi terjadi sekitar enam hingga dua belas hari setelah pembuahan. Ketika telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim akan terjadi sedikit gesekan yang mengakibatkan keluarnya bercak darah. 


Foto: Istimewa

Perbedaan Darah Menstruasi dan Darah Implantasi


Darah menstruasi adalah darah yang dikeluarkan wanita setiap bulan akibat dari sel telur yang luruh karena tidak dibuahi. Darah menstruasi bisa dijadikan tanda bahwa seorang perempuan sedang tidak mengandung. Keluarnya darah menstruasi biasanya normal terjadi selama  dua hingga tujuh hari.

Selain durasi, darah menstruasi biasanya diikuti dengan gumpalan darah. Sebelum siklus haid bulanan tiba, tubuh biasanya memberi sinyal berupa payudara yang menjadi lebih sensitif. Pada sebagian perempuan, menstruasi ditandai dengan munculnya jerawat akibat dari ketidakseimbangan hormon.


Foto: Istimewa

Selain darah menstruasi ada juga lho darah yang keluar sebagai tanda awal kehamilan yang dinamakan darah implantasi. Terlihat mirip dan sulit dibedakan terlebih untuk perempuan yang baru pertama kali hamil, inilah perbedaan antara darah menstruasi dan darah awal kehamilan.

Darah yang keluar sebagai tanda awal kehamilan atau darah implantasi biasanya keluar hanya berupa bercak darah yang tidak disertai gumpalan. Selain itu, jika darah menstruasi akan keluar secara terus menerus hingga lebih dari 24 jam, darah implantasi biasanya akan terhenti.



Foto: Istimewa

Darah implantasi memilki warna yang berbeda dengan darah menstruasi. Jika darah menstruasi cenderung berwarna merah terang dan tampak segar, darah implantasi berwarna merah kecoklatan. Flek yang muncul akibat implantasi memang ada yang berwarna merah, namun lebih sering terlihat coklat atau merah muda.

Selain warna dan lamanya darah keluar, perbedaan keduanya terletak pada kram yang menyertainya. Darah menstruasi biasanya ditandai dengan kram perut dengan rasa sakit yang lebih kuat dibanding darah implantasi.

Kram ringan yang tak meningkat tingkat keparahannya serta disertai dengan keluarnya bercak berwarna merah muda atau kecoklatan bisa jadi merupakan tanda awal kehamilan. Selain itu kehamilan ditandai juga dengan telat haid, badan menjadi lebih mudah lelah, mual atau masuk angin.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id