sign up SIGN UP

LIFE

Catat Nih, Menu Makanan Murah dan Sehat dari Warteg untuk Anak Kos

tjitradewi | Jumat, 09 Apr 2021 12:00 WIB
Catat Nih, Menu Makanan Murah dan Sehat dari Warteg untuk Anak Kos
Foto: Menu Warteg/Instagram.com/wartegtresnobahari

Menjadi anak kosan banyak dijadikan alasan seseorang untuk mengonsumsi makanan yang tak sehat, misalnya saja mengonsumsi mi instan hampir setiap hari. Berbagai alasan pun diberikan, mulai dari harga yang murah, rasanya enak, dan mudah untuk dibuat sehingga bisa menghemat waktu.

Namun, kebiasaan ini sebenarnya tak baik jika dilakukan terus-menerus. Kandungan natrium yang tinggi dan rendahnya nutrisi di dalamnya akan berdampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, kamu sebenarnya bisa lho menggantinya dengan membeli makanan dari warteg.

Meski tak mewah, warteg memiliki beragam menu yang enak, praktis, memiliki nutrisi lebih beragam, dan pastinya murah. Kalau kamu pintar memilih lauk dan sayurnya, untuk sekali makan kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, pilihlah warteg yang terjamin kebersihannya.

Isi Piringku
Isi Piringku (Kemenkes RI)

Lalu, bagaimana cara memilih makanan sehat dari warteg? Menurut seorang Ahli Gizi dari Universitas Gajah Mada yang juga nutrisionist di @dietbaik.id, Maharani Jibbriellia, makanan sehat adalah makanan yang memiliki gizi seimbang yang merujuk pada panduan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Makanan tersebut terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Porsinya pun telah diatur dalam ISI PIRINGKU. Masih bingung? Yuk simak selengkapnya di sini!

1. Makanan Pokok

Nasi bisa menjadi pilihan makanan pokok yang mudah ditemukan di warteg.
Nasi bisa menjadi pilihan makanan pokok yang mudah ditemukan di warteg. (Instagram.com/warteg_kharismabahari)

Salah satu komponen dalam isi piringku adalah makanan pokok yang terdiri dari karbohidrat. Untuk ukurannya, makanan pokok mengisi 2/3 dari setengah piring. Saat di warteg, kamu bisa memilih nasi putih. Jika kamu sudah memilih karbohidrat ini, pastikan lauk yang nanti kamu pilih jangan lagi mengandung karbohidrat ya, misalnya sambal goreng kentang.

2. Lauk

Tempe orek atau telur balado bisa menjadi pilihan yang lebih sehat dibanding memilih gorengan dalam jumlah banyak.
Tempe orek atau telur balado bisa menjadi pilihan yang lebih sehat dibanding memilih gorengan dalam jumlah banyak. (Instagram.com/warteg_kharismabahari)

Untuk lauk sendiri porsinya adalah 1/3 dari setengah piring. Untuk mengurangi asupan lemak jenuh, kamu bisa memilih lauk yang diolah dengan cara ditumis, bacem, atau bakar. Contoh menu yang bisa kamu pilih adalah tempe orek basah, tahu atau tempe bacem, ayam bakar, telur balado, tumis jamur tiram, dan ikan bumbu kuning. Namun, sesekali mengambil ayam goreng atau gorengan sebenarnya tidak apa-apa, asal jangan sering-sering ya!

3. Sayur-Sayuran

Sayur acar menjadi pilihan sayuran warteg yang nikmat.
Sayur acar menjadi pilihan sayuran warteg yang nikmat. (Instagram.com/warteg_boulevard)

Porsi sayur-sayuran sama dengan porsi makanan pokok, yakni 2/3 dari setengah piring. Jika dilihat dari porsinya, banyak di antara kita yang ternyata kurang mengonsumsi sayuran dan lebih banyak makan lauk, apakah kamu juga seperti itu? 

Tips memilih sayuran di menu warteg adalah, pilih yang pengolahannya ditumis atau dimasak bening. Contoh menunya adalah tumis kacang panjang, sayur sop, tumis bayam, tumis tauge, tumis pare, tumis buncis, dan sayur acar. Banyaknya menu sayuran di warteg tak lagi menjadi alasan kamu untuk tak makan sayur.

4. Buah

Membeli buah di tukang rujak bisa menjadi cara praktis bagi anak kos.
Membeli buah di tukang rujak bisa menjadi cara praktis bagi anak kos. (Instagram.com/thonnannoufal)

Seperti porsi lauk, buah mengisi 1/3 dari setengah isi piring. Untuk kali ini, kalian bisa mencari buah potong di tukang rujak atau membelinya di tukang buah karena buah jarang ditemukan di warteg.

Meski demikian, ada beberapa warteg yang biasanya menyediakan buah seperti jeruk dan semangka potong. Jangan pernah lewatkan makan buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id