sign up SIGN UP

LIFE

Chia Seed Baik untuk Kamu yang Susah Buang Air Besar, Ini Alasannya!

Henny Alifah | Sabtu, 13 Jul 2019 08:13 WIB
Chia Seed Baik untuk Kamu yang Susah Buang Air Besar, Ini Alasannya!
caption
Kepopuleran chia seed terus menanjak sejak dua tahun belakangan. Chia seed dikenal sebagai superfood kaya manfaat. Belum lama ini, aktris Acha Sinaga membuktikan kebenarannya, terutama untuk melancarkan pencernaan. Jadi, mulai sekarang, buat kamu yang sering susah buang air besar, tidak ada salahnya mencoba makanan superfood ini. Mengapa demikian? Ini alasannya.

Chia Seed Kaya Nutrisi

source: pixels.com

Chia seed adalah biji tanaman Salvia hispanica yang masih merupakan keluarga mint. Tanaman yang tumbuh di Meksiko ini konon merupakan makanan pokok suku Aztec dan Maya pada masanya. Dalam bahasa suku Maya, chia sendiri berarti kekuatan. Secara visual, chia seed akan mengingatkan pada biji selasih yang biasa ditemui di Indonesia.

Chia seed ini bentunya kecil-kecil cabe rawit. Di balik ukurannya yang kecil terkandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh. 1 ons (28 gram, sekitar dua sendok makan) biji chia mengandung:

        
  • Serat: 11 gram
  •     
  • Protein: 4 gram
  •     
  • Lemak: 9 gram (5 di antaranya adalah omega-3)
  •     
  • Kalsium: 18% dari RDI (Reference Daily Intakes/Asupan Harian yang Dianjurkan)
  •     
  • Mangan: 30% dari RDI
  •     
  • Magnesium: 30% dari RDI
  •     
  • Fosfor: 27% dari RDI
  •     
  • Biji chia juga mengandung sejumlah seng, vitamin B3 (niasin), kalium, vitamin B1 (tiamin) dan vitamin B2

Nah, kamu tentu sudah paham bahwa serat diperlukan tubuh untuk proses pencernaan yang lancar, kan? Sementara itu, 40 % chia seed merupakan serat. Dengan kata lain, chia seed tentu baik untuk kamu yang sulit buang air besar karena kandungan seratnya melancarkan proses pencernaan. 

Selain itu, chia seed juga bagus untuk asupan diet. Mengapa? karena biji chia yang kaya serat mampu menyerap air dengan baik, menjadikannya seperti gel dan mengembang di perut sehingga memberi efek kenyang lebih lama.
 



Banyak Cara Nikmat Untuk Memakan Chia Seed

source: msn.com

Sejatinya, chia seed itu hambar, tidak ada rasanya. Namun karena itulah kamu bisa berkreasi dengan banyak cara dan bahan untuk mendapatkan rasa sesuai selera. Kamu bisa menaburkannya di atas avocado toast untuk sarapan, menambahkannya ke dalam salad untuk makan siang, membuatnya jadi puding untuk menu penutup makan malam, atau jadi bahan tambahan smoothie untuk snacking.

Ada dua macam chia seed yang bisa kamu pilih, chia seed hitam dan putih. White chia seed biasanya dipilih untuk program diet, namun pada dasarnya jenis apapun bisa kamu pilih untuk melancarkan buang air besar. Salah satu merek chia seed rekomendasi yaitu The Chia Co yang kisaran harganya berada di angka Rp340.000,00 sampai Rp480.000,00. Chia seed dari The Chia Co tersedia dalam jenis hitam maupun putih.
 


Bonus: Resep Rainbow Chia Pudding Parfait

source: thechiaco.com

Berikut adalah resep pudding parfait adaptasi dari The Chia Co yang bisa kamu coba.

Untuk 2 porsi:
Bahan

        
  • 1 cangkir susu nabati, misalnya susu kacang almond, kedelai, kelapa
  •     
  • 3 sdm biji Chia Co. biji chia putih atau hitam
  •     
  • 1 sdm sirup beras malt (atau pemanis pilihan)
  •     
  • 1 sdt matcha bubuk
  •     
  • 1/2 sdt bubuk bit
  •     
  • 1/2 sdt spirulina biru
  •     
  • 1 Be Natural Choco Chip Chia Granola Bar, bisa ganti dengan food bar lain sesuai selera

Langkah pembuatan

        
  1. Tambahkan biji chia, susu, dan sirup ke dalam mangkuk dan campur dengan garpu. Sisihkan selama 10-20 menit atau sampai mengental.
  2.     
  3. Menggunakan garpu, campur lagi untuk memastikan tidak ada gumpalan. Pisahkan chia puding dalam 3 mangkuk kecil.
  4.     
  5. Tambahkan bubuk matcha ke mangkuk kesatu, bubuk bit ke mangkuk kedua, dan spirulina biru (pewarna) ke mangkuk ketiga.
  6.     
  7. Campur setiap mangkuk sampai tercampur rata. Hancurkan granola bar menjadi potongan-potongan kecil.
  8.     
  9. Dalam gelas tinggi, tata menjadi lapisan puding chia dan granola.
  10.     
  11. Nikmati segera atau simpan dalam lemari es dalam semalam.

Sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir masalah buang air besar lagi, ya!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id