sign up SIGN UP

LIFE

Diet Sehat Dengan Pola Makan Vegetarian

Mellisa | Kamis, 01 Jan 2015 05:00 WIB
Diet Sehat Dengan Pola Makan Vegetarian
caption
Selama ini, diet vegetarian dianggap sebagai pola makan sehat yang hanya mengutamakan konsumsi sayuran dan buah-buahan. Namun benarkan demikian? Ada banyak jenis diet vegetarian sehingga makanan yang dikonsumsi pun sangat beragam dan tidak selalu sayur atau buah. Simak apa saja jenisnya dan bagaimana metodenya dalam artikel berikut ini.

Apa itu diet Vegetarian?


Vegetarian adalah sebutan bagi orang-orang yang memilih tidak mengonsumsi daging saat makan. Memang benar pola makan atau diet vegetarian bisa membantu seseorang menurunkan berat badannya.https://www.merdeka.com/sehat/6-fakta-penting-diet-vegetarian.html
Foto: https://www.raisingmyvibrations.com/vegetarian.html
Diet vegetarian diklaim lebih baik dibandingkan diet non-vegetarian. Sebuah studi terhadap lebih dari 73 ribu orang yang diterbitkan Senin, 3 Juni 2013, dalam Journal of American Medical Association (JAMA), menyimpulkan bahwa diet vegetarian lebih unggul dibandingkan diet non-vegetarian.https://www.tempo.co/read/news/2013/06/04/061485844/Diet-Vegetarian-Bikin-Panjang-Umur

Jenis-Jenis Diet Vegetarian


Foto: https://family.fimela.com/dunia-ibu/health/kenali-jenis-diet-vegetarian-yang-sesuai-dengan-kebutuhan-140612z.html
Semi Vegetarian
Orang yang mengonsumsi tumbuhan, nabati, susu, telur, daging, dan ikan. Meskipun ia mengonsumsi makanan di luar tumbuh-tumbuhan, tapi jumlah dan waktunya sangat dibatasi.
Lacto Ovo Vegetarian
Pada jenis ini ia mengonsumsi tumbuhan, nabati, susu, dan telur.
Lacto Vegetarian
Mengonsumsi tumbuhan, nabati, ditambah susu.
Ovo Vegetarian
Mengonsumsi tumbuhan, nabati, dan telur.
Pasco Vegetarian
Mengonsumsi tumbuhan, nabati, susu, telur, ditambah ikan.
Vegan
Orang-orang yang murni mengonsumsi tumbuhan dan nabati saja.

Pola Makan Vegetarian


Berdasarkan riset yang dilakukan Academy of Nutrition and Dietetics pada 2009, pola makan nabati berhubungan dengan rendahnya tekanan darah dan kolesterol. Pola makan ini juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Secara keseluruhan, pola makan ini mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.https://health.kompas.com/read/2013/07/20/1345154/Sehat.dengan.Pola.Makan.Vegetarian
Foto: https://www.raisingmyvibrations.com/vegetarian.html
Diet vegetarian yang seimbang harus mencakup:
  • Beras/gandum utuh: roti gandum utuh, beras merah, pasta gandum, quinoa, bulgur, sereal tinggi serat.
  • Polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian: biji buncis, kacang polong, kedelai, lentil, kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Buah-buahan dan sayuran: Dasar dari diet bernutrisi adalah pikirkan varian. Coba beberapa jenis buah dan sayuran baru, serta memasukkan dalam menu diet sehari-hari.
  • Susu dan susu pengganti: Carilah sumber lemak pilihan bebas lemak jenuh/tidak baik dan kurangi beberapa produk seperti susu, yogurt, dan keju. Cobalah menggantinya dengan susu kedelai, beras, atau almond yang ada di pasaran.
https://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Umum/Turunkan-Berat-Badan-Dengan-Diet-Vegetarian/

Fakta Penting Diet Vegetarian


Diet vegetarian terdiri dari buah, sayur, dan gandum yang akan membuat Anda sehat meskipun tidak makan daging. Selain itu, Anda akan menurunkan risiko penyakit flu burung atau lainnya yang ditularkan melalui hewan.https://www.merdeka.com/sehat/6-fakta-penting-diet-vegetarian.html
Foto: https://beautyhigh.com/how-to-be-a-vegetarian/#_a5y_p=1906826
Orang yang menjalani gaya hidup ala vegetarian faktanya mampu memiliki berat badan yang ideal dibandingkan dengan mereka yang masih mengonsumsi daging-dagingan.https://www.merdeka.com/sehat/6-fakta-penting-diet-vegetarian.html
Foto: https://www.fuccha.in/diet-chart-for-weight-loss/
Buah dan sayur yang menjadi konsumsi utama vegetarian jelas mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan protein pada daging bisa ditemukan gantinya dalam sayuran, seperti kacang kedelai.https://www.merdeka.com/sehat/6-fakta-penting-diet-vegetarian.html
Foto: https://nailartsdesign.com/weight-loss-diet-plans/
Karena vegetarian melarang Anda makan daging, Anda harus mencari pengganti nutrisi yang terdapat pada buah dan sayur. Salah satunya lemak, yang bisa ditemukan dalam biji labu.https://www.merdeka.com/sehat/6-fakta-penting-diet-vegetarian.html
Foto: https://www.merdeka.com/sehat/makan-biji-labu-bikin-tidur-lebih-nyenyak-keluarga-biji.html
Metode memasak juga penting pada diet vegetarian. Meskipun sudah tidak makan daging, jika cara memasak salah maka diet juga bisa gagal. Tetap fokus pada cara memasak yang lebih sehat dan kurangi konsumsi gula. Sebab menjadi vegetarian tidak berarti Anda langsung bisa membuat Anda benci pada makanan manis.https://www.merdeka.com/sehat/6-fakta-penting-diet-vegetarian.html
Foto: https://wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/2012/09/05/tips-memasak-sayuran-tetap-sehat/
Tidak semua junk food mengandung daging. Jadi sekali-kali menikmati makanan cepat saji itu tetap dibolehkan untuk memotivasi diet vegetarian Anda.https://www.merdeka.com/sehat/6-fakta-penting-diet-vegetarian.html
Foto: https://www.nytimes.com/2013/04/07/magazine/yes-healthful-fast-food-is-possible-but-edible.html?pagewanted=all&_r=0
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id