sign up SIGN UP

LIFE

Enak dan Sehat, Berikut 5 Cara Memasak dengan Minyak Zaitun

Lifia Mawaddah | Minggu, 22 Mar 2020 07:45 WIB
Enak dan Sehat, Berikut 5 Cara Memasak dengan Minyak Zaitun
caption
Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa minyak zaitun bisa digunakan untuk memasak. Selain membuat masakan menjadi lebih nikmat, minyak ini pun mengandung nutrisi yang tinggi terutama omega-9 yang baik bagi tubuh.

Namun, enggak semua masakan bisa dimasak menggunakan minyak zaitun. Jika kamu sampai salah, maka kamu akan kehilangan nutrisi dari minyak ini. Berbeda dari minyak lainnya, minyak zaitun enggak memiliki lemak jenuh lho, Beautynesian! Memasak menggunakan minyak ini pun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Supaya enggak salah, yuk simak 5 cara menggunakan minyak zaitun untuk menambah cita rasa masakanmu!


Foto: Istimewa


 


Menumis


Salah satu kegunaan minyak zaitun yang paling umum adalah dengan menumis. Namun sebenarnya, hal ini kurang dianjurkan. Sebab minyak zaitun cenderung memiliki titik asap yang cukup rendah sehingga pada suhu tinggi, memasak dengan minyak ini akan membuat masakanmu lebih berasap dan sedikit pahit. Jika kamu ingin menggoreng masakanmu dengan minyak ini, tambahkan satu sendok minyak zaitun ke wajan panas sebelum memasukkan bahan-bahan lainnya.




 


Menjaga Agar Makanan Tidak Lengket


Terkadang, minyak zaitun bisa kamu gunakan sebagai ‘pelumas’ untuk menjaga makananmu agar tidak lengket. Misalnya saja, minyak zaitun dapat digunakan untuk menu pasta. Caranya, tambahkan sesendok minyak zaitun ke air yang mendidih sebelum memasukkan pasta. Hal ini agar mie tersebut tidak lengket dan menempel satu sama lain di saringan maupun piringmu.


Foto: Istimewa


 


Saus Salad


Minyak zaitun memiliki aroma yang khas. Manfaatkanlah hal ini dengan menggunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk saus saladmu. Cara yang satu ini akan cocok bagi kamu yang sedang melakukan diet. Campurkan minyak zaitun dengan tomat, jus jeruk, atau cuka agar dapat membantu memangkas lemak tubuhmu dan memberikan kualitas yang lebih baik pada saladmu.



 


Dipping Sauce


Rasa khas yang dimiliki minyak zaitun juga bisa kamu manfaatkan sebagai dipping sauce nih, Beautynesian. Tuangkan minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil untuk mencelupkan makanan pembuka seperti roti, sayuran, dan masih banyak lagi. Di restauran Italia sendiri, minyak ini biasanya dicampurkan dengan cuka balsamic yang sering disajikan dengan roti sebagai hidangan pembuka.


Foto: Istimewa


 


Sentuhan Akhir Masakan


Selain ikut dicampurkan pada saat proses memasak, minyak zaitun juga biasanya digunakan sebagai finishing guna melengkapi rasa dan tekstur masakan. Untuk cara yang satu ini, jangan terlalu banyak menambahkan minyak zaitun sebagai sentuhan akhir masakanmu. Cukup tambahkan satu atau dua sendok makan minyak zaitun ke masakanmu.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id