sign up SIGN UP

LIFE

Gak Pernah Berhasil Buat Dalgona Coffee? Ternyata Ini Penyebabnya!

Retno Wulandari | Selasa, 14 Apr 2020 07:10 WIB
Gak Pernah Berhasil Buat Dalgona Coffee? Ternyata Ini Penyebabnya!
caption
Akhir-akhir ini dalgona coffee mendadak menjadi salah satu minuman yang digilai semua orang. Hanya dengan bahan-bahan sederhana, tentu saja semua orang bisa membuat dalgona coffee sendiri di rumah. Namun, jika kamu sudah mencoba membuat dalgona coffee tapi gagal, mungkin ini penyebabnya!

Menggunakan Kopi Instan Jenis 3in1




Foto: Istimewa

Kopi adalah bahan utama untuk membuat dalgona, tapi nggak sembarangan jenis kopi bisa kamu gunakan sebagai bahan utamanya lho, Ladies. Jenis kopi yang bisa membuat dalgona buatan kamu gagal ialah kopi jenis 3in1, di mana jenis kopi ini biasanya sudah dilengkapi dengan creamer dan gula. Oleh karena itu, pastikan kopi yang akan kamu gunakan bukanlah jenis kopi 3in1 ya.
 


Kopi yang Berampas


Foto: Istimewa

Untuk jenis kopi yang satu ini sebenarnya bisa kamu gunakan, namun karena kopinya berampas sudah pasti foam yang akan dihasilkan menjadi berbeda dan terlihat tidak sempurna seperti dalgona coffee lainnya. Jadi, jika ingin dalgona buatan kamu lebih sempurna, pastikan kopi kamu tidak berampas.
 


Kurang Gula




Foto: Istimewa

Gula merupakan salah satu bahan yang kehadirannya juga sangat penting selain kopi. Kehadiran gula dapat membantu proses pengembangan foam lho, Ladies. Semakin banyak gula, maka foam-nya akan semakin mengembang. Kamu bisa menggunakan gula dengan takaran 4 sdm, tapi jika kamu tidak terlalu suka manis atur takarannya sesuai dengan selera kamu, Ladies.
 



Kebanyakan Air




Foto: Istimewa

Nah, jika kopi dan gula rasanya sudah sesuai namun adonan foam kamu tidak kental, bisa jadi air yang kamu gunakan terlalu kebanyakan, Ladies. Untuk menghindari adonan foam kamu encer, pastikan air yang kamu gunakan sebanyak 4 sdm dan jangan lupa gunakan air hangat ya.
 


Mixer/Mengocok Kurang Lama




Foto: Istimewa

Jika semua bahan-bahan yang kamu gunakan sesuai dengan takaran namun foam yang dihasilkan kurang sempurna, bisa jadi letak permasalahannya berada di proses mixer atau mengocoknya. Perlu kamu ketahui, Ladies, proses mixer atau mengocok ini merupakan kunci dari dalgona coffee lho. Nah, agar nggak gagal, pastikan mixer yang kamu gunakan dengan kecepatan tinggi dan lakukan selama 5-7 menit. 

Namun, jika kamu menggunakan proses manual, pastikan durasi waktunya lebih lama dan usahakan mengocok tanpa jeda. Jika tekstur foam sudah hard peak (kaku) dan jika dibalik foam tidak tumpah, maka kamu bisa lanjut ke step selanjutnya, Ladies.

Baca Juga: Resep Membuat Dalgona Coffee yang Viral di Media Sosial


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id