sign up SIGN UP

LIFE

Halal dan Nikmat, Inilah 5 Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba!

Ni Made Dwi Agustina | Kamis, 10 Jun 2021 19:00 WIB
Halal dan Nikmat, Inilah 5 Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba!
Sate lilit/ sumber: Instagram.com/ official_ayambetutugilimanuk

Pulau Dewata seakan tidak ada habisnya menarik perhatian. Keunikan serta keindahannya meliputi segala aspek, mulai dari alam, tradisi, seni budaya, makanan, dan masih banyak lagi. Berbicara mengenai makanan khas Bali, makanannya terkenal dengan cita rasa serta rempah-rempah yang kuat.

Tidak sedikit dari wisatawan yang datang ke Bali juga hendak berwisata kuliner. Makanan khas Bali pun sangat beragam, di setiap daerah yang ada di Bali memiliki makanan khasnya tersendiri dan cita rasanya yang unik. Berikut ini adalah 5 makanan dan jajanan khas Bali yang wajib kamu coba.

Ayam Betutu

Ayam betutu
Ayam betutu/ sumber: Instagram.com/ official_ayambetutugilimanuk

Makanan khas bali satu ini pasti sudah tidak asing lagi didengar. Olahan ayam dengan bumbu khas Bali yang terkenal dengan sensasi pedasnya. Pada dasarnya, betutu adalah memasak dengan menggunakan bebek. Namun, saat ini olahan betutu bisa menggunakan daging ayam juga.

Adapun pengolahan ayam betutu adalah ayam utuh yang dilapisi daun pinang, yang di dalamnya terdapat berbagai bumbu-bumbu khas Bali yang disebut “base genep” atau rempah-rempah. Proses memasak ayam betutu bisa dilakukan secara presto maupun di panggang. Umumnya, makanan ini disantap bersama nasi hangat, plecing kangkung dan sambal matah.

Sate Lilit Tuna

Sate lilit tuna
Sate lilit tuna/ sumber: Instagram.com/ nomnombali

Sate lilit merupakan sate khas Bali yang berbeda dengan sate yang biasa dijumpai di daerah-daerah lainnya di Indonesia. Sate ini terbuat dari bahan dasar ikan yang dicampur dengan parutan kelapa, rempah-rempah khas Bali atau “base genep”, kemudian dililitkan pada tusukan sate yang terbuat dari bambu atau batang serai, lalu dibakar di atas bara api hingga matang.

Umumnya, daging yang sering digunakan untuk mengolah sate lilit adalah ikan tuna. Sate lilit tuna biasa dihidangkan bersamaan dengan olahan nasi campur khas Bali. Sangat menggiurkan, bukan?

Nasi Jinggo

Nasi jinggo
Nasi jinggo/ sumber: Instagram.com/ nomnombali

Nasi jinggo adalah nasi bungkus legendaris khas Bali. Nasi jinggo berukuran kecil, biasanya di dalam nasi tersebut terdapat ayam sisit/ ayam suwir, tempe balado, kering tempe, dan mie goreng. Nasi ini juga dibungkus dengan menggunakan daun pisang, sehingga masih terasa unsur tradisional nya dan menambahkan aroma pada nasi.

Makanan ini biasanya disantap untuk sarapan. Harga dari makanan ini sangat murah, yaitu dari kisaran Rp5000-Rp10.000. Tertarik mencobanya? Cus, tambahkan makanan ini ke dalam list kamu saat ke Bali!

Laklak

Laklak Bali
Laklak Bali/ sumber: Instagram.com/ laklakbuleleng168

Laklak merupakan salah satu jajanan khas Bali. Jajanan ini berbentuk seperti serabi, yang rasanya gurih dan manis. Laklak terbuat dari tepung beras yang dicampur air dan daun suji untuk memberikan warna pada kue tersebut. Kue ini disajikan dengan gula merah yang dicairkan dan diberi taburan kelapa parut di atasnya.

Rasa jajanan ini gurih, manis dan legit bercampur menjadi satu. Terlebih, dimakan saat masih panas. Jajanan ini juga murah meriah, lho. Kalian bisa mendapatkannya di pasar tradisional yang ada di Bali. Biasanya, penjual laklak ada saat pagi hari, sehingga bisa dijadikan menu sarapan.

Rujak Bali

Rujak Bali
Rujak Bali/ sumber: Instagram.com/ rujakumabali

Makanan tradisional Bali lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah rujak. Pecinta makanan pedas pasti akan tertarik dengan makanan ini. Sebab, rujak tradisional Bali ini berbeda dengan rujak biasanya. Adapun rujak tradisional Bali memiliki banyak varian, di antaranya rujak kuah pindang yaitu rujak yang berisikan buah-buah segar dan disiram menggunakan kuah ikan pindang yang dibuat melalui proses penyaringan.

Selanjutnya adalah rujak gula pasir, rujak yang berisikan buah-buah segar dengan bumbu yang terbuat dari gula pasir, garam, terasi, dan cabai. Kemudian, rujak colek gula bali yaitu rujak yang berisikan buah-buah segar dicampur dengan bumbu rujak yang dibuat dari gula bali dan cabai.

Selain itu, ada rujak rumput laut yaitu olahan rujak yang dimakan dengan rumput laut dan sedikit buah, kemudian ditambahkan parutan kelapa, sari lengkuas dan juga sedikit kuah ikan pindang. Rujak rumput laut ini biasa disebut dengan nama “rujak bulung boni”. Varian rujak ini bisa dicoba sesuai selera, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id