sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati, Gejala Kanker Ovarium Ini Sering Dianggap Biasa oleh Para Wanita

Ade Suryani | Minggu, 12 Jan 2020 12:00 WIB
Hati-hati, Gejala Kanker Ovarium Ini Sering Dianggap Biasa oleh Para Wanita
caption
Selain kanker payudara dan kanker serviks, kanker ovarium juga merupakan penyakit ganas yang paling banyak menyerang wanita, lho. Ketahui gejalanya di artikel ini, yuk!

Kanker ovarium adalah penyakit kanker yang muncul di jaringan indung telur. Biasanya kanker ini sering terjadi pada wanita pasca menopause dan wanita yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker ovarium. Meskipun penyakit ini umumnya lebih sering menyerang para wanita yang memasuki usia menopause, bukan berarti wanita di bawah usia 50  tahun aman dari kanker ini.

Kanker ini bisa timbul karena banyak hal. Selain karena faktor usia dan keturunan, kanker ovarium juga bisa muncul karena gaya hidup yang buruk seperti obesitas, merokok dan bisa juga karena menggunakan alat kontrasepsi IUD.

Penyakit ini berpeluang untuk berhasil sembuh jika dideteksi sedari awal. Namun karena memiliki gejala awal yang sering dianggap biasa, banyak para wanita mengabaikan tanda-tanda gejala awal kanker ovarium ini. Nahuntuk mengenali seperti apa tanda-tanda dari gejala awal kanker ovarium, yuk simak di bawah ini!


1. Ukuran Perut membesar


Foto: Istimewa

Ukuran perut yang bertambah besar dalam waktu singkat bisa jadi salah satu gejala awal dari kanker ovarium, Ladies. Mungkin banyak yang mengira ini adalah karena kegemukan biasa. Padahal ukuran perut yang membesar secara tiba-tiba juga menjadi tanda bahwa kanker sudah menyebar ke dalam rongga perut dan mengalami pembengkakan. 


2. Cepat Merasa Kenyang


Foto: Istimewa

Merasa mudah kenyang padahal tidak banyak makan juga merupakan gejala awal dari kanker ovarium, Ladies. Hal ini sebenarnya diakibatkan oleh tekanan dari cairan yang menekan perut. Sehingga perut pun menjadi terasa penuh, padahal makanan yang dimakan tidak banyak. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat seseorang menjadi kekurangan nutrisi lantaran makanan yang masuk ke tubuh menjadi sedikit.


3. Rasa Sakit di Perut dan Sembelit


Foto: Istimewa

Meskipun seringkali diabaikan karena gejalanya hampir sama dengan penyakit pencernaan pada umumnya, namun merasakan sakit di perut dan sembelit juga merupakan bagian dari gejala awal kanker ovariumPara wanita yang menderita kanker ovarium ini juga merasakan sakit perut semacam kram yang datang saat menstruasi. 


4. Sering Buang Air Kecil


Foto: Istimewa

Selain beberapa tanda di atas, bertambahnya frekuensi buang air kecil dan selalu merasa sangat ingin buang air kecil padahal tak banyak minum juga merupakan tanda lain dari gejala kanker ovarium, Ladies. Hal tersebut terjadi karena tumor yang tumbuh menekan kandung kemih dan menyebabkan peningkatan tekanan di dalam rongga perut, sehingga urin terdorong untuk keluar terus-menerus.


5. Rasa Nyeri di Punggung


Foto: Istimewa

Rasa nyeri luar biasa di punggung juga merupakan salah satu dari gejala kanker ovarium. Rasa nyeri di punggung yang terasa sangat sakit ini bisa mengganggu tidur dan bahkan membuat seseorang tidak bisa duduk maupun berdiri.

Hal ini bisa diakibatkan juga dari sel kanker yang telah menyebar hingga ke bagian perut atau panggul. Sehingga kanker tersebut mengirtasi jaringan di punggung bawah yang menyebabkan menjadi nyeri di punggung.


6. Mudah Lelah


Foto: Istimewa

Mudah merasa lelah dan tubuh yang menjadi lemah adalah tanda dari gejala kanker ovarium juga. Hal ini karena sel kanker yang tumbuh cepat akan mengambil nutrisi yang ada di dalam tubuh. Maka tubuh akan menjadi kekurangan nutrisi, sehingga tampak lemah dan kurus.


7. Gangguan Pencernaan


Foto: Istimewa

Meski tampak seperti masalah pencernaan biasa seperti maag, tapi ini juga merupakan salah satu tanda awal dari gejala penyakit kanker ovariumGangguan pencernaan ini pun muncul dengan menyebabkan masalah seperti buang air besar yang tidak teratur.


8. Perubahan Siklus Menstruasi


Foto: Istimewa

Perubahan siklus menstruasi yang terjadi pada wanita memang sering dianggap biasa. Namun, jika terlalu sering terjadi maka perlu diwaspadai lho Ladies. Karena ini juga merupakan bagian dari gejala kanker ovarium.

Biasanya tanda awal dari gejala kanker ovarium ini terjadi pada wanita yang sudah menopause. Namun bagi wanita muda tetap perlu waspada, apalagi jika mengalami perubahan siklus menstruasi yang tidak teratur seperti keluar darah kotor tiap dua minggu sekali.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id