sign up SIGN UP

LIFE

Hindari 5 Kesalahan Jogging yang Bisa Membahayakan Tubuh

Christine Lie | Selasa, 01 Nov 2016 03:00 WIB
Hindari 5 Kesalahan Jogging yang Bisa Membahayakan Tubuh
caption
Untuk beberapa orang, jogging adalah salah satu olahraga yang murah meriah. Jogging pada pagi hari bermanfaat untuk membakar kalori & sembari menghilangkan stress. Namun banyak orang yang sering melakukan 5 kesalahan ini sehingga dapat membahayakan tubuhnya. Berikut ini adalah ulasan mengenai 5 kesalahan jogging yang bisa berbahaya untuk tubuh. Share ke teman-teman kamu ya!

Tidak Menggunakan Sepatu Running


Kamu yang suka jogging tanpa alas kaki, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan tersebut. Lari tanpa menggunakan alas kaki bisa membahayakan telapak kaki kamu. Kerikil, pecahan kaca, serpihan kayu & plastik yang tajam dapat membuat telapak kaki kamu tertusuk/tergores. Jadi lebih baik gunakan alas kaki untuk melindungi kaki kamu.

Nah! Kamu yang masih suka jogging dengan sandal atau sepatu biasa, tinggalkan juga kebiasaan tersebut! Gunakanlah sepatu khusus runnning untuk menunjang kegiatan jogging kamu. Sepatu running di ciptakan untuk menopang postur tubuh kita, terutama engsel kaki & lutut. Sepatu running dapat meredam tekanan pada lutut saat kita berlari, membantu latihan terhadap otot kaki & paha, sepatu running memiliki bobot yang lebih ringan dari sepatu biasa.

Gunakanlah sepatu running yang sesuai dengan bentuk kaki kamu, nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki kamu. Jangan membeli ukuran yang terlalu kecil/besar karena akan membaut keseimbangan kamu terganggu saat berlari. Saat mencoba sepatu mintalah kaus kaki kepada SPG toko agar kamu bisa mencoba sepatu bersama dengan kaus kaki agar bisa menentukan ukuran yang tepat.


Foto: https://global.reebok.com/M40393.html

Terlalu Dipaksakan


Saking semangatnya di awal jogging, kamu akan memacu kecepatan lari dan pada akhirnya kelelahan sendiri. Pernahkah kamu melakukan hal tersebut? Banyak pemula yang melakukan hal tersebut sehingga untuk jogging selanjutnya mereka malas untuk jogging lagi karena paha, betis dan kaki pegal-pegal & sakit. 

Jogging yang terlalu dipaksakan malah akan membuat kamu malas dan juga berpotensi cidera pada kaki. Berikut beberapa tips untuk melakukan jogging:
        
  • Kamu sedang jogging, bukan lomba lari! Jangan paksa kaki kamu berlari terlalu cepat, mulailah dari lari-lari kecil selama 2 lalu sesuaikan kecepatan lari sesuai kemampuan.
  •     
  • Secara bertahap, tingkatkan waktu/jarak lari secara perlahan-lahan setiap harinya.
  •     
  • Berikan tubuh istirahat setidaknya 1x dalam seminggu untuk membantu tubuh memulihkan diri.

Foto: https://dunialari.com/10-kesalahan-pelari/

Langkah Terlalu Panjang


Langkah yang terlalu panjang dapat membuat kaki kamu cidera. Kaki akan mendarat pada tumit dan posisinya terlalu jauh dari tubuh, akibatnya otot tulang kering akan menahan beban lebih berat dari yang seharusnya.

Beberapa orang akan melakukan langkah panjang agar dapat berlari lebih jauh dengan waktu yang sama, ternyata sebenarnya melakukan hal tersebut malah akan menghabiskan energi lebih besar daripada berlari normal, karena tubuh kamu secara refleks mengerem, dan hal tersebut terjadi pada setiap langkah panjang kamu. Postur tubuh dan kaki yang baik adalah yang seperti nomor 2 pada gambar.
 
Foto: https://dunialari.com/10-kesalahan-pelari/

Minum Air Terlalu Sedikit


Ketika berlari, tubuh menghasilkan keringat yang lebih banyak dari biasanya. Hilangnya cairan dalam tubuh harus di penuhi dengan minum air putih yang cukup. Banyak orang yang tidak suka minum terlalu banyak karena khawatir air di dalam lambung akan terkocok-kocok akhirnya mual. Beberapa orang yang berlari & minum air terlalu banyak juga dapat merasakan sakit tajam di bagian kiri bawah tulang rusuk.

Beberapa tips di bawah ini dapat membantu kamu memberi asupan cairan pda tubuh ketiak sedang jogging:

        
  • minum air sebanyak 500ml, 1 jam sebelum melakukan jogging.
  •     
  • perhatikan kapan rasa haus datang ketiak sedang jogging, berhenti sebentar dan minumlah secukupnya. Jangan mengikuti nafsu, karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung saat sedang berlari.
  •     
  • Tetap minum air putih setelah selesai jogging untuk mengghidrasi tubuh kamu.
  •     
  • Urin berwarna kuning gelap menandakan kamu masih harus minum untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Warna yang ideal adalah kuning muda hampir bening.

Foto: https://www.pepperfry.com/kitchen-dining-food-storage-bottles.html

Salah Kostum


Kesalahan kostum yang sering terjadi adalah memakai pakaian terlalu berlapis-lapis pada cuaca panas atau menggunakan pakaian terlalu tipis pada saat udara dingin. Sebenarnya tidak ada aturan menggunakan pakaian seperti apa untuk jogging. Kamu yang tidak memiliki pakaian jogging juga bisa kok untuk jogging. Gunakanlah pakaian yang menurut kamu nyaman saat dikenakan, pilihlah pakaian yang dapat menyerap keringat.

Jika cuaca sedang dingin, dianjurkan untuk menggunakan jaket. Jika cuaca sedang panas gunakanlah baju dari bahan yang tipis dan menyerap keringat. Menggunakan baju tebal / berlapis-lapis pada musim panas dengan harapan lemak akan terbakar lebih banyak malah akan membahayakan tubuh kamu sendiri. Suhu yang panas dalam tubuh akan membuat kamu kesulitan bernafas, pusing hingga gagal jantung.



Foto: https://puppytraveler.com/2015/02/15/supercon-lomba-lari-superhero-ala-amerika/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id