sign up SIGN UP

LIFE

Ini Cara Mendapatkan Kulit Cantik Melalui Vegan Food

Intan Kumala | Jumat, 23 Dec 2016 08:00 WIB
Ini Cara Mendapatkan Kulit Cantik  Melalui Vegan Food
caption
Tahukah kamu bahwa vegan food ternyata dapat merawat kecantikan kulit? Namun yang perlu diperhatikan, menjalani vegetarian sebaiknya tidak hanya karena sebuah tren. Beberapa orang menjadi vegetarian bukan tanpa alasan, tapi karena kesehatan maupun etika. Memilih menjadi vegetarian sebagai gaya hidup berarti kamu harus mendapatkan pengetahuan yang baik tentang vegetarian. Karena apa yang kita konsumsi tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh.

Bukan tidak mungkin vegetarian bisa menjadi alternatif gaya hidup sehat tapi bisa juga membahayakan kesehatan. Vegetarian sendiri masih bisa memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan melalui konsumsi susu dan telur meskipun tidak dari jenis daging. Nah hal ini tentunya berbeda dengan pandangan tentang gaya hidup vegan yang dianggap tidak memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan nutrisi karena para vegan tidak mengonsumsi jenis daging, unggas, susu maupun telur sama sekali. Lantas bagaimana tubuh bisa mendapatkan kecantikan kulit yang optimal? Berikut ulasannya. 
 


1. Kenali terlebih dahulu kelompok vegetarian


Secara umum vegetarian terdiri dari beberapa kelompok. Kelompok pertama adalah lacto vegetarian di mana kelompok ini tidak mengonsumsi semua jenis daging dan telur, namun masih diperbolehkan mengonsumsi susu. Kedua adalah ovo vegetarian yang merupakan kebalikan dari lacto vegetarian karena diperbolehkan mengonsumsi telur. Lalu yang ketiga ada kelompok lacto ovo vegetarian yang tidak mengonsumsi daging, namun masih diperbolehkan mengonsumsi susu dan telur. Keempat adalah kelompok presco vegetarian atau prestacian yang diperbolehkan mengonsumsi hewan laut dan juga jenis daging, telur dan susu. Dan terakhir adalah vegan yang murni mengonsumsi sayuran dan menghindari produk hewani sepenuhnya. 
 


Foto: https://www.alodokter.com/pola-makan-vegetarian-yang-sehat


 



2. Dari mana vegan memenuhi kebutuhan protein?


Menjalani diet vegan tentu membutuhkan pemahaman gizi yang memadai agar pola makan tetap aman dan sehat. Tidak mendapatkan asupan protein dari jenis daging, unggas, susu dan telur bukan lantas berarti tubuhmu boleh kekurangan protein. Zat gizi yang diperlukan ini juga bisa kamu dapatkan melalui tumbuhan lho.
 


Foto: https://www.anneahira.com/jenis-vegetarian.htm


Yang perlu kamu perhatikan adalah khususnya jenis asam amino lengkap yang bisa didapatkan dari protein nabati. Dalam hal ini, protein nabati yang terdapat pada jenis polong-polongan seperti kacang merah, kacang hitam, kacang hijau, kacang polong dan kacang kedelai memiliki asam amino lengkap, dan juga jenis serealia lainnya seperti beras merah, brown rice dan oatmeal juga memberikan tubuhmu protein yang diperlukan.

 


Perhatikan juga untuk mencukupi kebutuhan zat gizi essential lainnya seperti yang terdapat pada susu dan telur. Vegan memang rentang terhadap kebutuhan zat besi. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, daun singkong, polong-plongan serta buah kering (kismis, prune dan apricot).
 


3. Vegan food dapat merawat kecantika kulit dan rambut.


Menu vegetarian tentunya kaya akan antioksidan yang dapat mengangkal radikal bebas yang masuk ke kulit. Bila kamu mendapat pengetahuan yang tepat untuk menjalankan vegan, tubuh akan mendapatkan asupan yang cukup untuk protein, vitamin, dan mineral. Sehingga, kulit dapat ternutrisi dengan baik. Namun sebaliknya bila tubuh tidak mendapatkan asupan protein yang cukup, tak hanya kulit yang bermasalah tapi juga rambut akan mengalami kerontokan karena pertumbuhan rambut sangat dipengaruhi juga oleh protein, zat besi dan asam amino. 
 


Foto: https://realfood.tesco.com/our-food/vegetarian-and-vegan-diets.html


Sayuran dan buah dikenal memiliki kandungan air tinggi dibandingkan dari produk daging. Kandungan air tersebut tentu sangat baik untuk kulit yang membuatnya lebih lembap, kenyal dan mampu menyamarkan garis-garis halus. Kandungan air yang cukup tentu mencegah kulit dari dehidrasi dan kulit pecah-pecah. 

 


Pecinta vegan juga perlu memperhatikan kalori yang masuk ke tubuh. Tapi sayangnya, kalori sayuran dan buah-buahan dikenal relatif rendah, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran dalam porsi besar. Hal ini juga sangat penting untuk mendapatkan vitamin C di mana nutrisi tersebut sangat berperan dalam meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskan dan mengurangi keriput. 

 


Nah, itulah manfaat vegetarian untuk kecantikan kulit. Namun, vegetarian bisa menjadi hal yang serius bila tidak mendapatkan pengetahuan yang benar, terutama untuk sumber protein terbesar yang biasanya hanya didapatkan pada sumber makanan hewani. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id