sign up SIGN UP

LIFE

Inilah 7 Jajanan Tradisional Terfavorit yang Memiliki Fakta Menarik Dibaliknya!

Serlina | Minggu, 28 May 2017 03:00 WIB
Inilah 7 Jajanan Tradisional Terfavorit yang Memiliki Fakta Menarik Dibaliknya!
caption
Beautynesian kangen dengan jajanan tradisional tempo/jaman dulu? Well, kamu harus coba 7 jajanan menggiurkan ini plus menambah wawasanmu mengenai fakta menarik dibaliknya. Penasaran? Yuk simak langsung artikel ini!


Onde-onde

Onde-onde merupakan kue yang terbuat dari tepung terigu. Just a fun fact, penggunaan tepung terigu pada kue ini menunjukkan bahwa jajanan tradisional tempo/jaman dulu ini menyerap sedikit menyerap budaya Barat karena mengganti tepung gandum dengan tepuk terigu, mengingat bahwa Indonesia bukanlah penghasil gandum.

And yup, onde-onde atau si bulat berbintik wijen ini ini memang wajib kamu nikmati. Kulit luarnya yang digoreng terasa garing dan gurih. Belum lagi isian pasta kacang hijau yang lembut dan manis itu. Dalam satu gigitan, kamu akan menikmati campuran rasa gurih dan manis yang nendang! Crunchy but still soft inside, you should try!


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=ZJitiqB9R1Q



Klepon dan Kue Putu

Nah ini dia jajanan berwarna hijau dan putih dengah rasa manis yang menggigit! Klepon dan kue putu merupakan cemilan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan pasta pandan untuk mendapatkan warna hijau yang cantik.

Kedua kue ini juga sama-sama memiliki isian gula merah dan ditaburi oleh parutan kelapa yang menambah rasa gurih dalam setiap gigitan. Namun, klepon memiliki tekstur yang kenyal dan berbentuk bulat, sedangkan tektur kue putu cenderung padat dan seperti roti, serta berbentuk tabung kecil. Fun fact, biasanya penjual kue putu keliling juga akan menjual klepon lho dan suara khas yang muncul dari uap yang keluar melalui corong kecil akan membuatmu segera terpanggil untuk segera menghampiri si abang penjual dan segera membeli kedua kue tersebut! But, watch out if you want to eat them when they’re still hot, because you may burn your tongue with the super hot brown sugar inside!


Foto: https://travel.tempo.co/read/news/2013/12/04/201534465/festival-jajanan-tradisional-di-sleman
Foto: https://www.pinterest.com/pin/446208275557962880/



Getuk Lindri

Seperti klepon dan kue putu, getuk lindri juga ditaburi oleh parutan kelapa lho. Tetapi bedanya, getuk lindri terbuat dari singkong yang digiling halus, bentuknya seperti gumpalan mie yang dipadatkan, rasanya yang manis nan gurih, serta warnanya yang cerah dan bervariasi. FYI, penjual getuk lindri keliling mempunyai ciri khas tersendiri lho, they will turn on dangdut music as their promotion tools to inform when they’re passing by and of course to attract you to buy!



Foto: https://www.resepseharihari.com/resep-membuat-gethuk-lindri-yang-manis-dan-enak.html



Surabi

Surabi merupakan jajanan tradisional dengan rasa topping yang tidak monoton. Jika ingin manis, kamu bisa menyiram serabi hangatmu dengan kuah kinca, kamu juga bisa menaburkan taburan oncom diatas surabimu jika ingin menikmati surabi yang asin nan gurih. Tidak hanya itu, seiring perkembangan waktu, sudah banyak lho toko-toko surabi yang mengreasikan jajanan ini dengan menambahkan berbagai jenis topping, seperti coklat, mesis, keju, ayam, smoked beef, mayonnaise, saus sambal, dan sosis. Tapi jangan khawatir, you still can get the traditional one, ‘cause they sell all variants of surabi, the traditional and the on-trend style!


Foto: https://danellameiranty.blogspot.co.id/2016/12/serabi-surabi.html
Foto: https://www.tokomesinbandung.com/blog/oleh-oleh-kota-bandung-yang-wajib-anda-tahu



Nagasari

Nagasari atau biasa disebut kue pisang merupakan kue manis yang terbuat dari tepuk beras, tepuk sagu, gula, santan, dan diisi dengan potongan pisang. Kue satu ini biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Just a fun fact, rasa manis dari jajanan pasar, salah satunya nagasari, menekankan arti kebersamaan dan perkumpulan dengan sehabat atau kerabat terdekat, sehingga dapat menciptakan momen manis yang tidak terlupakan. Itulah mengapa jajanan pasar biasanya selalu eksis dalam acara kumpul bersama. A lil bit surprising, isn’t it?


Foto: https://www.kulinersehat.com/resep-kue-nagasari/



Lemper

Lemper merupakan jajanan yang berbahan dasar ketan yang berisikan daging ayam cincang berbumbu atau abon, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kamu bisa memilih dua jenis lemper, yaitu lemper yang dikukus atau yang dibakar. Both of them are still same and tasty!

Well, lemper juga memiliki fakta unik lho! Kentan yang digunakan memiliki tingkat gluten yang tinggi, sehingga menyebabkan butiran yang satu mejadi lengket dengan butiran yang lain, membentuk satu kesatuan yang utuh. And yeah, as you can guess, penggunaan ketan sebagai bahan dasar kue ini melambangkan budaya kumpul orang Indonesia.


Foto: https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-lemper-ayam-yang-enak-sedap-dan-istimewa



 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id