sign up SIGN UP

LIFE

Jadi Menu Buka Puasa Favorit, Ini Tips Menggoreng Bakwan Renyah dan Enak

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 28 Apr 2021 15:00 WIB
Jadi Menu Buka Puasa Favorit, Ini Tips Menggoreng Bakwan Renyah dan Enak
caption

Bakwan menjadi salah satu sajian yang cukup favorit untuk menemani buka puasa. Rasa gurih dan renyah dari bakwan mampu mendatangkan selera dan membuat momen berbuka menjadi lebih nikmat.

Namun, untuk mendapatkan cita rasa gurih dan tekstur yang renyah dari bakwan harus dilakukan dengan cara memasak yang pas. Hal ini terkait dengan komposisi dan cara penggorengannya.

Lantas, apa saja tips menggoreng bakwan agar renyah dan enak untuk dijadikan menu buka puasa? Simak selengkapnya di bawah ini.

Adonan dengan Komposisi Seimbang

Adonan bakwan harus seimbang untuk tiap komposisinya/instagram.com/novalinanova
Adonan bakwan/instagram.com/novalinanova

Cita rasa nikmat dari bakwan yang sudah matang dihasilkan dari adonan dengan komposisi seimbang. Untuk itu, kamu sebaiknya memperhatikan komposisi seperti sayuran, tepung dan bahan cair lainnya supaya seimbang. Selain itu, adonan juga harus dilengkapi dengan bumbu halus dan bumbu lainnya yang mampu memberikan rasa nikmat pada bakwan.

Apabila ingin membuat bakwan yang renyah dan tahan lama, maka buatlah adonan yang lebih encer. Adapun adonan encer ini akan memudahkan pematangan bakwan saat digoreng dan hasilnya akan lebih garing dan renyah. Sebaliknya, jika adonan bakwan terlalu kental atau kebanyakan tepung, maka bakwan akan tebal dan tidak renyah.

Nah, saat ingin mengukur tingkat kerenyahan bakwan yang dibuat, kamu bisa melakukan percobaan dengan menggoreng satu sendok adonan terlebih dahulu. Jika dirasa masih kurang renyah atau ketebalan, maka tinggal ditambahkan air saja. Sebaliknya, jika dirasa terlalu encer, maka tinggal ditambahkan tepung secukupnya.

Tambahkan Tepung Maizena/Beras

Tambahkan tepung beras atau tepung maizena/instagram.com/novalinanova
Tambahkan tepung beras/instagram.com/novalinanova

Tekstur bakwan yang renyah ditandai dengan rasa lembut saat dimakan dan cita rasa isiannya begitu nikmat. Oleh sebab itu, pemilihan bahan pembuat bakwan pun harus diperhatikan. Pada umumnya, tepung terigu banyak digunakan sebagai salah satu bahan dasar membuat bakwan. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan tepung terigu memang membuat bakwan terasa renyah, namun tidak bisa bertahan lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menambahkan tepung jenis lain seperti tepung maizena maupun tepung beras ke dalam adonannya. Sementara itu, untuk bahan bumbunya sendiri bisa dibuat dengan pencampuran bawang merah, bawang putih, garam, dan juga merica.

Tidak hanya bumbu halus, saat membuat bakwan juga diperlukan bahan cair seperti santan ataupun air. Agar hasilnya lebih renyah, bahan cair ini sebaiknya digunakan dalam kondisi dingin ya.

Memakai Margarin

Gunakan margarin supaya lebih gurih dan renyah/instagram.com/novalinanova
Gunakan margarin/instagram.com/novalinanova

Tips selanjutnya supaya bakwan terasa renyah dan gurih adalah dengan menggunakan margarin saat proses pembuatannya. Dengan adanya penambahan margarin, cita rasa bakwan yang dibuat akan lebih renyah dan juga tahan lama. Saat berpadu dengan bumbu-bumbu lainnya, maka cita rasa yang dihasilkan akan lebih lezat dan nikmat.

Selengkapnya bisa KLIK NEXT ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id