sign up SIGN UP

Resep Diet: Bakwan Sayur Oatmeal Tanpa Digoreng

Dian Purnamasari | Selasa, 29 Dec 2020 08:45 WIB
Resep Diet: Bakwan Sayur Oatmeal Tanpa Digoreng
caption

Bakwan, siapa yang bisa menolak gorengan yang satu ini. Meski dianggap tidak sehat tapi tetap saja banyak orang yang mengonsumsinya.

Bakwan dimasak dengan menggunakan minyak yang banyak, sehingga kandungan kalori dan kolesterolnya tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan bakwan juga berpotensi meningkatkan konsumsi sodium atau garam yang tinggi. Kadar garam yang tinggi di dalam tubuh, dapat membuat tubuh rentan mengalami inflamasi dan naiknya tekanan darah tinggi.

bakwan goreng
Source: cookpad.com

Karena risiko tersebut, maka ketika sedang melakukan program diet kita diharuskan menghindari makan bakwan atau gorengan jenis lainnya. Meski sudah dihindari, adakalanya kita merasa kangen memakan makanan yang satu ini.

Nah, untuk kamu yang sedang melakukan program diet, tapi ingin makan bakwan tanpa rasa khawatir. Kamu bisa membuat bakwan sayur oatmeal, lho.

Bakwan sayur oatmeal, menggunakan oatmeal sebagai pengganti bahan tepung, sehingga lebih sehat dan aman meski dimakan dalam jumlah banyak. Metode memasaknya pun tanpa digoreng, jadi pastinya lebih sehat. Ingin membuatnya sekarang? Intip dulu resepnya dari Beautynesia di sini, yuk!

Resep:

  • 5 Sendok makan oatmeal
  • 1 Buah wortel, potong korek api
  • 50 gr Kol, iris tipis
  • 2 Batang daun bawang
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  1. Blender oatmeal sampai menjadi tepung
  2. Masukkan semua bahan bersama dengan oatmeal yang telah diblender
  3. Tambahkan air secukupnya, aduk rata. Usahakan jangan sampai adonan terlalu encer
  4. Setelah rata, ambil adonan satu sendok makan ke atas teflon anti lengket. Panggang sampai adonan matang. Lakukan sampai adonan habis
panci teflon
Ambil Adonan di Atas Telfon/Foto:Beautynesia/Dian Purnamasari

       5. Sajikan dengan saus sambal atau cabe rawit

bakwan oatmealBakwan Sayur/Foto:Beautynesia/Dian Purnamasari

Tekstur yang dihasilkan pada bakwan sayur oatmeal ini, memang tidak serenyah bakwan yang digoreng. Pada bagian luar ia akan tampak kering, tapi lembut di bagian dalamnya.

Tapi meskipun begitu, tetap enak untuk dinikmati. Apalagi jika ditambahkan saus sambal atau cabe rawit. Yang terpenting, kamu jadi nggak perlu khawatir lagi jika ingin menyantapnya dalam jumlah banyak.

Selamat mencoba, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id