sign up SIGN UP

LIFE

Jaga Kesehatan Rambutmu dengan Detoks Kulit Kepala

Marissa Fenyapwain | Sabtu, 30 Nov 2019 10:10 WIB
Jaga Kesehatan Rambutmu dengan Detoks Kulit Kepala
caption
Bukan hanya tubuh lho yang butuh didetoks, tapi kulit kepala juga. Untuk menjaga kesehatan rambut sangat diperlukan proses detoksifikasi yang berfungsi mengeluarkan kotoran yang masuk ke sela-sela kulit kepala. Simak cara untuk detoks kulit kepala berikut, yuk!

Ladies pernah enggak sih merasa rambut mudah berminyak dan ketombean padahal kamu rajin keramas setiap hari? Atau kamu sudah melakukan perawatan untuk pertumbuhan rambut tapi rambut kamu lama banget tumbuhnya?

Dilansir dari Vogue.com, Fransesca Fusco, MD dari Wexler Dermatology di Manhattan, menjelaskan bahwa kulit kepala adalah kulit yang memerlukan detoksifikasi. Ia menjelaskan bahwa pengelupasan kulit secara teratur memungkinkan folikel rambut menjadi lebih sehat.

Nah, ternyata bukan hanya tubuh yang membutuhkan detoksifikasi untuk mengeluarkan racun, namun kulit kepala juga. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut dan biar hair care kamu enggak sia-sia, cobain detoks kulit kepala agar rambut lebih sehat dan bersih sehingga pertumbuhan rambut jadi maksimal, yuk. Berikut caranya!

1. Detoksifikasi dengan hair scrub campuran gula dengan shampoo


Foto: https://foodnavigator.com

Mungkin Ladies masih sedikit asing dengan hair scrub. Selama ini kita lebih sering mendengar facial scrub atau body scrub. Di Indonesia sendiri belum banyak dijual produk hair scrub, namun kita bisa bikin sendiri dengan bahan simple yaitu gulaGula punya manfaat untuk mencegah akar rambut menjadi berminyak, menghilangkan sel-sel kulit mati pada kepala serta membuat rambut menjadi lebih bersih secara keseluruhan. 

Cara membuat hair scrub juga cukup mudah, tambahkan saja satu sendok teh gula ke shampoo. Saat keramas, lakukan pijatan hingga kamu merasa butiran gula menyentuh kulit kepala. Pijat selama lima menit kemudian bilas dengan air dingin. Pastikan tidak ada butiran gula yang tertinggal ya, Ladies.


2. Detoksifikasi dengan hair scrub campuran baking soda dengan shampoo


Foto: https://healng.com

Mungkin selama ini yang kita tahu baking soda digunakan untuk membuat kue. Tapi tahu enggak kalau baking soda punya sejuta manfaat untuk kecantikan, termasuk untuk perawatan rambut? 
Baking soda mengandung natrium bikarbonat tinggi yang secara efektif membersihkan kulit kepala hingga ke dalam lapisan dan mengangkat kotoran.

Cara membuat hair scrub ini pertama campurkan satu sendok makan baking soda ke dalam shampoo. Setelah itu, usap rambut menggunakan shampoo yang sudah dicampur soda kue tersebut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih.



3. Produk perawatan rambut sesuai kebutuhan


Foto: https://unsplash.com

Selain membersihkan racun di kulit kepala, detoksifikasi ini juga bermanfaat untuk menyiapkan rambut menerima perawatan rambut setelahnya. Agar rambut sehat dan indah, kamu harus mengenali masalah kulit kepala dan rambut kamu.

Jika sedang berminyak, pakailah perawatan yang mengandung mint sehingga menyegarkan lebih lama dan jika rambut kasar, pakailah perawatan rambut khusus untuk melembutkan. Intinya jangan pernah sembarangan memakai produk perawatan rambut ya, Ladies.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id