sign up SIGN UP

LIFE

Jalan-jalan Ke Jogjakarta? Kamu Wajib Cicipi 5 Jajanan Tradisional Ini!

Serlina | Minggu, 27 Aug 2017 05:00 WIB
Jalan-jalan Ke Jogjakarta? Kamu Wajib Cicipi 5 Jajanan Tradisional Ini!
caption
Jogja memang terkenal dengan gudeg, nasi kucing, dan bakpianya. Tetapi, wisata kuliner di Jogjakarta tentunya enggak hanya berhenti disitu. Jogja punya aneka kuliner lain, salah satunya jajanan tradisional Jogja berbentuk kue-kue unik nan imut yang wajib kamu explore lebih lanjut. Nah, buat Beautynesian yang sedang berada disana, kamu wajib banget cobain 5 jajanan tradisional Jogja ini yang mungkin aja belum kamu ketahui eksistensinya. Apa saja? Yuk simak langsung!



Tiwul

Tiwul merupakan jajanan tradisional Jogja yang terbuat dari gaplek atau singkok yang sudah dikeringkan yang disajikan dengan parutan kelapa. Just a fun fact, jajanan satu ini dulunya merupakan makanan utama pengganti nasi oleh masyarakat Jogjakarta pada era pemerintahan Jepang. Meskipun perannya sudah tersingkirkan, rasa manis dan gurih yang ditawarkan Tiwul membuat makanan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan yang mengenyangkan lho!


Foto: https://cookpad.com



Cenil

Kalau Beautynesian suka dengan hal-hal menggemaskan, kamu pasti kesemsem sama Cenil, si jajanan imut nan menggemaskan! Cenil terbuat dari sari pati singkong yang berbentuk bulat/lonjong kecil dan berwarna-warni cerah yang mencolok, serta disajikan dengan parutan kelapa dan sedikit gula, Tidak hanya bentuknya yang cantik dan imut, rasanya juga endes lho! This cute and sweet snack is indeed a perfect combo!


Foto: https://www.kulinersehat.com



Jadah Manten

Jika kamu suka jajanan yang gurih, kamu pasti suka si Jadah Manten ini. Jadah Manten terbuat dari beras ketan dengan isian daging ayam atau sapi gurih yang dipanggang atau dibakar diatas api arang. Dan yups, sesuai namanya, cemilan satu ini merupakan makanan yang akan dibawa oleh mempelai laki-laki ketika bertemu dengan pengantin perempuannya. Filosofinya cukup simple yaitu pasangan pengantin diharapkan dapat seperti jadah manten yang lengket dan tidak terpisahkan satu dengan yang lain.



Foto: https://www.pinterest.com



Kipo

Jajanan yang terbuat dari ketan, santan, gula, garam, dan pewarna pandan/daun suji ini dapat kamu temukan dengan mudah di sekitaran Jogja dan Kotagede. Walaupun bentuknya agak abstrak, tetapi cita rasanya tetap selangit lho! So, go grab your Kipo!


Foto: https://resepkafe.blogspot.com



Klepon

Nah, jajanan satu ini mungkin sudah tidak asing bagi BeautynesianTeksturnya yang kenyal dengan isian gula merah yang manis dan meleleh didalam mulut, serta parutan kelapa yang gurih, pasti akan membuatmu ingin lagi dan lagi. Hati-hati ya Beautynesian, kamu mungkin akan susah move on dari si klepon bulat hijau ini!


Foto: https://resepdanmasakan.com


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id