sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Dibuang! Ternyata Ini 3 Manfaat Susu Asam yang Tak Disangka!

Agatha Kharisma | Rabu, 07 Jun 2017 08:30 WIB
Jangan Dibuang! Ternyata Ini 3 Manfaat Susu Asam yang Tak Disangka!
caption
Ketika susu yang awalnya segar mulai terasa asam, umumnya itu adalah tanda bahwa susu mulai basi dan perlu segera dibuang. Meskipun tak dapat dikonsumsi, ada beberapa manfaat susu asam yang dapat kamu terapkan supaya nggak mubazir. Yuk, cari tahu lebih lanjut!


Susu yang tak melalui proses pasturisasi atau UHT mengandung bakteri dalam jumlah terbatas. Apabila segera dikonsumsi dengan cara yang tepat, itu tak akan menjadi masalah. Namun, susu segar yang disimpan dalam waktu lama dapat berubah menjadi asam meskipun disimpan dalam pendingin. Agar tidak sia-sia, ada beberapa manfaat susu asam untuk segala aspek kehidupan.

Perhatian: Yang dimaksud dengan susu asam adalah susu yang mulai mengalami perubahan rasa menjadi lebih asam. Apabila susu telah berbau tajam dan menggumpal, tandanya susu telah basi dan harus dibuang.



 


Kecantikan


Para maniak skin care mungkin pernah mendengar istilah Lactic Acid atau asam laktat. Termasuk dalam golongan alpha hydroxy acid, asam laktat dapat menyingkirkan sel kulit mati serta membuat tekstur kulit menjadi lebih halus dan glowing. Kulit wajah yang bebas sel kulit mati dapat menyerap produk perawatan kulit dengan lebih baik, dan membuat makeup lebih flawless.

Asam laktat terdapat secara alami pada susu, dan konsentrasinya meningkat dalam susu asam. Manfaatkan susu asam sebagai masker wajah dengan mengoleskan susu asam secara perlahan pada kulit, tunggu sekitar sepuluh menit, lalu bilas dengan air. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mandi susu, dicampur dengan minyak esensial. Jangan lupa gunakan tabir surya secara teratur, karena asam laktat dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari.



Foto: https://www.stylecraze.com/articles/simple-home-remedies-for-treating-dry-skin/#gref


 


Berkebun


Tuang susu asam di sekitar tanaman untuk menambah nutrisi pada tanah. Susu asam dipercaya dapat meningkatkan kandungan kalsium karbonat dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan, seperti mawar dan tomat. Selain itu, kamu dapat memanfaatkan susu asam untuk menetralkan pH tanah yang kelewat basa. Tanah yang baik memiliki pH yang cenderung netral.


Foto: https://travel.tribunnews.com/2016/11/09/fakta-minuman-jangan-bingung-ini-dia-jenis-susu-yang-beredar-di-pasaran


 


Membuat Kompos


Kompos adalah makanan paling sehat yang dapat kamu berikan untuk tanah. Tak hanya memberi nutrisi, kompos akan membantu peredaran udara hingga kemampuan tanah menyerap air. Menambahkan susu asam pada kompos akan semakin menambah nutrisi. Susu mengandung asam amino, protein, enzim dan gula yang dapat mendukung perkembangbiakan mikroba dan fungi dalam tanah.


Foto: https://www.onehundreddollarsamonth.com/improving-garden-soil-with-milk-and-molasses/



 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id