sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Disepelekan, Work From Home Bikin Kamu Rentan Alami Masalah Kesehatan Ini

Jovita | Kamis, 09 Apr 2020 14:00 WIB
Jangan Disepelekan, Work From Home Bikin Kamu Rentan Alami Masalah Kesehatan Ini
caption
Kamu termasuk yang senang atau malah stres karena work from home? Apapun jawabannya, kamu perlu memerhatikan masalah kesehatan yang rentan dialami selama work from home ini, Ladies. Simak yuk!

Hampir sebulan terakhir sebagian perusahaan telah menerapkan kebijakan work from home untuk para pekerjanya. Hal ini dilakukan demi menekan angka penyebaran infeksi virus corona atau yang disebut Covid-19.

Masalahnya, ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin bisa timbul dari aktivitas work from home. Minimnya peralatan yang menunjang untuk bekerja dari rumah, seperti tidak adanya meja kerja atau kursi yang menunjang posisi tubuh bisa menganggu kesehatan, lho.

Oleh karena itu, Beautynesian perlu memperhatikan kondisi tubuh. Menjaga pola makan dan pola hidup sehat juga penting agar tidak memunculkan deretan masalah kesehatan berikut!


1. Mata terasa lelah


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Salah satu masalah kesehatan karena work from home yang bisa dialami adalah mata menjadi lelah dan tegang. Terus menatap layar laptop atau komputer sepanjang hari akan membuat mata bekerja lebih keras. Lama kelamaan, kebiasaan ini dapat menimbulkan digital eye strain yang ditandai dengan sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, serta nyeri leher dan bahu.

Sebetulnya masalah ini tidak hanya terjadi karena work from home, namun tetap perlu kamu perhatikan. Untuk mengatasi kelelahan mata tersebut, beristirahatlah selama 20 detik, sekali dalam 20 menit. Beautynesian juga bisa memilih posisi kerja di dekat jendela dengan pencahayaan alami. Pencahayaan alami akan memberi manfaat positif untuk kondisi matamu.

4. Leher dan bahu terasa sakit


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Beautynesian, pernahkah kamu merasakan leher dan bahu yang sakit saat sedang bekerja dari rumah? Jika iya, maka sebaiknya ubahlah lokasi dan posisi tubuh saat bekerja sesering mungkin.

Kamu bisa mengubah posisi setidaknya dua kali dalam satu jam untuk meningkatkan sirkulasi darah. Leher dan bahu yang terasa sakit menandakan adanya perubahan pada postur tubuh. Hal ini umumnya disebabkan oleh posisi monitor yang terlalu rendah, yang memaksa kamu menatap agak ke bawah.

Untuk mengatasinya, ubah lokasi atau posisi monitor yang bisa sejajar dengan mata. Hal itu membuat leher dan bahu berada dalam posisi netral dan mengurangi potensi sakit pada leher dan bahu.


5. Kram kaki


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Terakhir, masalah kesehatan karena work from home yang dapat timbul adalah Kram kaki. Munculnya kram pada kaki merupakan tanda sirkulasi darah yang buruk. Otot tak memiliki persediaan darah yang baik sehingga terjadilah kram. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menyesuaikan ketinggian kursi sehingga kaki pas menapak lantai.

Jika kaki tidak sampai menapak, gunakanlah bantalan atau pijakan kaki. Selain itu, istirahat berkala setiap 20 menit sekali dan menggerakkan tubuh juga bisa menjadi cara alternatif untuk meningkatkan sirkulasi darah yang baik.

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id