sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Gorengan Terus, Cobain Menu Buka Puasa Tanpa Digoreng yang Nikmat

Dian Purnamasari | Rabu, 14 Apr 2021 17:15 WIB
Jangan Gorengan Terus, Cobain Menu Buka Puasa Tanpa Digoreng yang Nikmat
caption

Gorengan, menjadi salah satu primadona menu buka puasa yang banyak dipilih orang ketika sedang berpuasa. Tak heran banyak pedagang yang menjual menu buka puasa atau takjil, memasukkan gorengan ke dalam pilihan menunya.

Tapi tunggu dulu, meski nikmat dan mudah didapat, nyatanya memakan gorengan secara terus menerus saat berpuasa dapat berdampak buruk bagi kesehatan, lho. Dikutip dari detikhealth, memakan gorengan sebagai menu buka puasa dapat memberikan dampak buruk untuk tubuh, seperti asam lambung naik, gangguan pencernaan, membuat tenggorokan gatal, meningkatkan kadar kolesterol jahat, hingga dapat meningkatkan berat badan.

Puasa kali ini, coba ganti menu buka puasa kamu dengan makanan tanpa digoreng, yuk! Dijamin nggak kalah nikmat dengan gorengan. Bingung ingin berbuka puasa dengan apa? Coba intip rekomendasinya di sini ya, Ladies!

1. Dimsum

Dimsum
Source: Pinterest.com/Lisa Lin/Dimsum

Makanan asal Tiongkok satu ini menjadi hits di Indonesia dan banyak disukai masyarakat. Makanan yang diproses dengan cara dikukus ini, memiliki beragam isi mulai dari ayam, udang, hingga jamur.

Teksturnya kenyal menyerupai siomay ikan, dibungkus dengan kulit pangsit dan biasanya diberikan taburan wortel di atasnya. Tidak hanya itu, dimsum juga memiliki jenis varian lain yang tak kalah nikmat seperti tofu skin roll, mantau, dan hakau.

2. Oat Bar

Oat Bar
Source: Pinterest.com/dollyandoatmeal.com/Oat Bar

Kamu ingin berbuka dengan makanan yang manis tapi juga lagi diet? Coba jadikan oat bar sebagai menu buka puasa kamu, yuk! Oat bar bisa kamu buat dengan bahan yang sederhana, seperti oatmeal, madu, kamu juga bisa menambahkan rice crispy, buah-buahan kering, dark choco, atau granola. Semua bahan dicampur lalu masukan ke dalam loyang dan biarkan dalam kulkas 1-2 jam, setelah mengeras potong-potong oat bar.

Nggak punya waktu untuk membuat oat bar? Tenang, sekarang sudah banyak dijual oat bar dalam bentuk kemasan dan berbagai macam rasa. Kamu tinggal beli atau stok untuk menu buka puasamu selama beberapa hari.

3. Jasuke

Jasuke
Source: Selerasa.com/Jasuke

Jasuke atau jagung susu keju, jajanan satu ini juga bisa kamu jadikan untuk menu buka puasa manis, lho. Jagung yang hangat ditambah topping yang manis, pastinya akan membangkitkan selera setelah seharian berpuasa. Selain itu jajanan satu ini murah meriah dan mudah ditemukan lagi.

4. Garlic Bread

garlic bread
Source: thekitchn.com/garlic bread

Kalau sebelumnya buka puasa dengan menu yang manis, kali ini kamu ingin berbuka puasa dengan menu yang gurih? Coba jadikan garlic bread sebagai menu buka puasa kamu yuk. Roti dengan rasa gurih dan harum ini, bisa banget kamu jadikan menu buka puasa. Dijamin anti ngebosenin.

Kalau kamu ingin membuat sendiri, kamu cukup pakai 4 bahan ini saja, yaitu roti tawar atau gandum, butter, bawang putih, dan parsley.

Lelehkan butter lalu masukan bawang putih yang telah dicincang, serta tambahkan parsley. Potong roti tawar atau gandum menjadi empat bagian, lalu oleskan butter tadi di atas roti. Panggang hingga matang. Jika kamu tidak memiliki oven, kamu bisa memanggangnya di atas panci teflon.

Tetap enggak mau ribet? Kamu bisa kok menemukan garlic bread di toko roti atau restoran yang ada di mall terdekat.

[Gambas:Instagram]

5. Pudding

pudding
Source: foodgawker.com/pudding

Siapa yang enggak kenal menu satu ini, selain rasanya yang manis, pudding juga mengandung kaya serat. Menu ini cocok dijadikan menu berbuka puasa manis, karena dapat menambah asupan seratmu. Sehingga selama berpuasa kamu tidak mengalami gangguan pencernaan, yang diakibatkan kekurangan asupan serat.

Kamu bisa membuat pudding ini sendiri, atau membelinya di toko kue. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, pudding juga mempunyai banyak rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Itulah beragam ide menu buka puasa tanpa digoreng yang tak kalah nikmat. Mana menu yang paling kamu inginkan untuk jadi menu buka puasa kamu nanti, Ladies?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id