sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Keliru! Simak 5 Cara Memilih Ayam Potong yang Masih Segar

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 09 Sep 2020 07:30 WIB
Jangan Keliru! Simak 5 Cara Memilih Ayam Potong yang Masih Segar
caption
Jakarta -

Ayam merupakan salah satu menu makanan yang cocok untuk dipadukan dengan berbagai bumbu. Selain lezat, ayam juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Akan tetapi, kamu perlu teliti saat membeli ayam di pasar. Sebab, enggak semua ayam yang tersedia masih segar. Yuk simak 5 tips untuk memilih daging ayam yang masih segar berikut ini!

Warna Putih dengan Semburat Merah Muda

Daging ayam yang masih segar memiliki warna putih dengan semburat merah muda.
Ayam/freepik.com

Saat ingin membeli daging ayam, cara termudah untuk membedakannya adalah dengan memperhatikan warna dagingnya. Daging ayam yang masih segar memiliki warna putih dengan semburat merah muda. Selain itu, permukaannya pun terasa lembab. Sedangkan ayam tiren memiliki warna putih pucat kebiruan seperti memar.


Bedakan dari Teksturnya

Cara kedua untuk memastikan daging ayam segar adalah dengan membedakan teksturnya. Jika teksturnya kasar atau berpasir, maka hal ini menandakan bahwa daging ayam tersebut tidak segar. Kemungkinan, pasir tersebut adalah sisa bahan kimia yang tidak terbilas dengan bersih sehingga masih terasa. Selain itu, jangan memilih daging ayam yang kulitnya licin dan mengkilap. Sebab daging tersebut sudah tidak segar dan berformalin.

Elastis dan Tidak Begitu Padat

Jika daging tersebut elastis dan tidak begitu padat, berarti daging ayam tersebut masih segar.
Ayam/freepik.com

Selain dari melihat warna dan membedakan tekstur, cobalah tekan daging ayam yang ingin kamu beli. Jika daging tersebut elastis dan tidak begitu padat, berarti daging ayam tersebut masih segar. Namun, jika setelah ditekan daging tersebut membutuhkan waktu lama untuk kembali seperti semula, bisa dipastikan bahwa daging ayam tersebut tidak segar. Sebab, ayam yang sudah beberapa kali dibekukan akan berkurang tingkat elastisitasnya.

Hindari Darah atau Cairan

Ayam yang memiliki banyak darah memiliki beberapa indikasi. Diantaranya seperti telah disentuh oleh banyak tangan. Sehingga bakteri pada daging ayam tersebut semakin banyak. Selain darah, ayam yang memiliki banyak cairan juga menandakan daging tersebut tidak segar. Hal ini dikarenakan sebagian besar daging ayam tiren telah melalui beberapa kali proses pembekuan untuk menjaga agar tetap awet. Hasilnya, daging ayam akan mudah mengeluarkan cairan atau darah.

Perhatikan Bau Ayam

Daging ayam yang masih segar memiliki bau amis yang sangat timpis atau bahkan hampir tidak berbau.
Ayam/freepik.com

Daging ayam yang masih segar memiliki bau amis yang sangat tipis atau bahkan hampir tidak berbau. Sebaliknya, daging ayam yang berbau amis yang menyengat sudah dipastikan tidak segar alias tiren. Bukan hanya bau amis, perhatikan juga apakah ayam tersebut berbau bahan kimia. Sebab, bau ini menandakan daging ayam tersebut sudah tercampur dengan bahan kimia. Jadi, hindarilah memilih daging ayam yang amis dan berbau kimia ya, Beautynesian.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id