sign up SIGN UP

LIFE

Kesal Rambut Rontok? Begini Cara Cepat dan Tepat Tumbuhkan Rambut Agar Lebat

Marissa Fenyapwain | Jumat, 30 Aug 2019 08:00 WIB
Kesal Rambut Rontok? Begini Cara Cepat dan Tepat Tumbuhkan Rambut Agar Lebat
caption
Rambut rontok mungkin bukan masalah besar. Tapi jika terjadi terus-terusan, kamu patut khawatir, Ladies. Tapi jangan panik dulu, begini cara cepat dan tepat tumbuhkan rambut agar lebat!

Rambut adalah mahkota wanita, karenanya rambut sering mendapat perhatian khusus seperti perawatan agar rambut tetap sehat dan berkilau. Tidak sedikit yang tertarik tampil beda dengan rambut berwarna. Keren memang, tapi kebiasaan tersebut dapat merusak rambut. Belum lagi kebiasaan menggunakan hairdryer, catokan, hingga alat-alat rambut lainnya. Rambutmu bisa jadi rusak hingga rontak. Kalau sudah rontok, apa yang harus kamu lakukan?
 


1. Jaga diet


Foto: https://fitnesstrainer.com

Ada ungkapan yang berkata "kita adalah apa yang kita makan". Jadi, jika kita makan sehat, maka kita pun akan jadi sehat. Sebaliknya, jika kita makan makanan yang tinggi lemak, tubuh pun akan penuh dengan lemak tidak sehat.

Tahu enggak kalau makanan yang kita makan akan berpengaruh pada rambut kita? Pola makan yang buruk, tinggi kolesterol, lemak, dan gula dapat memperlambat atau mencegah pertumbuhan rambut. Akibatnya, rambut tampak rapuh, tipis, dan rapuh.

Untuk mengatasi rambut rontok, sebaliknya kamu konsumsi produk segar dan protein tanpa lemak, seperti ayam dan ikan. Dorong juga pertumbuhan rambut lebih sehat dengan banyak minum air agar rambut terhidrasi dari akar ke ujung.


2. Hindari diet yoyo


Foto: https://verywellhealth.com

Ladies yang sedang berjuang diet, sebaiknya hindari diet Yoyo. Diet Yoyo adalah pola diet yang menyebabkan berat badan cepat turun dan cepat untuk naik kembali. Diet ini biasanya dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan secara ekstrem.

Diet Yoyo mengakibatkan metabolisme tubuh menurun dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal tersebut berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Rambut akan lambat tumbuh dan cenderung rontok.



3. Konsumsi multivitamin


Foto: https://cafemom.com

Multivitamin sepertinya memang sudah menjadi kebutuhan mendasar untuk orang yang punya aktivitas segudang. Terlebih untuk yang tinggal di kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi. Kebutuhan akan asupan multivitamin juga semakin tinggi. Multivitamin dikenal mampu menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat, serta berfungsi untuk mendorong pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku yang sehat, lho. Jadi, jangan lupa konsumsi multivitamin yang baik untuk kesehatan rambut, ya.


4. Mulai pakai shampoo obat pertumbuhan rambut


Foto: https://jeanmilka.com

Jika Ladies sedang mengalami masalah penipisan rambut, maka mulailah memakai shampoo obat pertumbuhan yang bebas Minoxidil. Pilih juga shampoo yang mengandung bahan mint dan alami untuk percepatan pertumbuhan rambut.


5. Jangan cabut uban


Foto: https://dailyexpress.com

Rambut uban memang terkadang tumbuh walaupun kita masih muda. Meskipun menganggu, hindari mencabutnya, ya. Menurut penelitian, seperti pertumbuhan kembali rambut postpartum, rambut kadang-kadang akan mulai abu-abu dan kemudian berubah warna menjadi gelap. Mencabut uban justru akan menambah kerontokan rambut.


6. Gunakan produk sesuai jenis rambut


Foto: https://jeanmilka.com

Jika Ladies sedang dalam perawatan, pilihlah rangkaian produk yang sesuai dengan jenis rambut. Jangan asal memakai produk perawatan rambut. Jika kulit kepala cepat berminyak, maka gunakan produk yang mampu menghilangkan minyak berlebih. Begitu seterusnya, gunakan produk perawatan yang sesuai dengan masalah rambut dan kulit kepala.


7. Jangan terlalu sering memakai vitamin rambut atau minyak esensial lainnya


Foto: https://pinterest.com

Takaran yang tepat sangatlah diperlukan dalam perawatan pertumbuhan rambut, begitu pula dengan vitamin dan minyak esensial khusus rambut. Takaran yang tepat bisa membantu pertumbuhan dan membuat rambut semakin sehat. Jadi, jangan berlebihan.


8. Kurangi penggunaan alat panas dan bahan kimia


Foto: https://eatright.com

Salah satu pendukung nomor satu yang merusak rambut adalah alat panas dan bahan kimia. Jadi, sebaiknya kurangi penggunaaan alat panas dalam keseharian dan jika harus menggunakan jangan lupa selalu rutin menggunakan masker seminggu sekali.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id