sign up SIGN UP

Ketahui 6 Etika Dasar Ini Sebelum Kamu Makan ke Restoran Fine Dining, Biar Nggak Norak

Febriyani Rahmania | Rabu, 15 Sep 2021 13:30 WIB
Ketahui 6 Etika Dasar Ini Sebelum Kamu Makan ke Restoran Fine Dining, Biar Nggak Norak
Makan di restoran fine dining ada etikanya, lho, Beauties. Sudah tahu? (Foto: unsplash.com/Jay Wennington)
Jakarta -

Sejak usia anak-anak, mungkin orang tua mengajarkan kita untuk makan dengan baik dan sopan, seperti mengambil makanan secukupnya, tidak mengeluarkan suara saat mengunyah, atau tidak mencela makanan. Semua itu ada benarnya. Aturan-aturan itu juga diperlukan ketika kamu makan di restoran, terutama restoran fine dining. 

Berbeda dengan restoran casual dining, dikutip dari Detik Food, restoran fine dining merupakan restoran yang memiliki konsep mewah dan berkelas yang mengutamakan pelayanan terhadap tamunya. Ada beberapa etika atau tata krama yang perlu kamu tahu dan patuhi ketika makan di sana.

Semakin mewah, maka semakin banyak tata krama yang harus diketahui. Nggak perlu grogi, Beauties. Berikut ini Beautynesia telah merangkum beberapa etika makan di restoran fine dining dihimpun dari Food and Wine. Simak, ya, sebelum kamu diajak makan oleh si dia.

Jangan Angkat Buku Menu dari Meja

Dikutip dari Food and Wine, menurut Myka Meier, pendiri Beaumont Etiquette dan The Plaza Hotel Finishing Program, menu harus selalu menyentuh meja di satu tempat. Jadi, kalau kamu melihat buku menu, pastikan buku itu masih menyentuh meja. Jangan sampai diangkat apalagi menutupi wajahmu. Wah, penting, nih.

Ilustrasi fine dining.Ilustrasi fine dining. / Foto: unsplash.com/Fraser Cottrel

Minum dari Bibir Gelas yang Sama

Masih dari sumber yang sama seperti poin pertama, Meier mengatakan bahwa ketika kamu minum, pastikan kamu minum dari bibir gelas yang sama. Hal ini dilakukan untuk menghindari lingkaran noda di sepanjang bibir gelas. Entah itu minyak atau lipstik. Selain itu, kamu juga harus meletakkan gelas di tempat yang sama di mana kamu mengambilnya.

Hindari Suara Dentingan

Suara dentingan dapat merusak kaca pada alat makan, apalagi kalau kaca yang digunakan terbilang tipis. "Dalam makan malam yang sangat formal, semakin sedikit kebisingan yang kita buat, semakin baik," Meier kepada Food and Wine.

Ilustrasi wineIlustrasi wine/ Foto: tjitradewi

Letakkan Sisa Makanan di Sebelah Kiri

Etika makan ini mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya, but yeah ini penting ketika kamu makan di restoran fine dining. Letatakkan sisa tulang ikan di bagian kiri atas piring, dan saus atau mentega di kanan bawah.

Perhatikan Lipatan Serbet Setelah Digunakan

Mungkin kamu akan menemukan momen di mana kamu harus membersihkan area mulut dari bumbu makanan yang menempel. Kamu bisa membersihkannya dengan serbet yang tersedia. Namun, setelah selesai dipakai, pastikan kamu menyembunyikan bagian serbet yang kotor ke bagian dalam.

Makan enak di restoran sih sah-sah saja. Tapi kalau kamu setiap hari melakukannya, kebiasaan ini juga bisa bikin uang sakumu cepat habis.Makan enak di restoran sih sah-sah saja. Tapi kalau kamu setiap hari melakukannya, kebiasaan ini juga bisa bikin uang sakumu cepat habis./ Foto: Freepik.com

Izin ke Toilet Tanpa Mengatakan Tujuanmu

Di tengah-tengah waktu saat makan mungkin kamu terasa ingin buang air kecil. Kamu boleh ke toilet, tapi jangan katakan tujuanmu ke toilet. Sebab, mengatakannya akan terdengar tidak sopan kalau kamu makan di restoran fine dining.

Selain enam etika di atas, masih ada beberapa etika lain yang perlu kamu perhatikan, seperti tidak mengatakan "selamat makan" ke orang-orang di meja dan tidak menyisakan makanan yang telah diambil. Awalnya mungkin tampak rumit, tapi sesekali kamu perlu mencobanya untuk mendapatkan pengalaman baru, Beauties.

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id