sign up SIGN UP

LIFE

Kram Saat Haid? Coba Minuman Herbal Ini Untuk Mengatasinya!

Fahira mahza | Selasa, 23 Mar 2021 12:00 WIB
Kram Saat Haid? Coba Minuman Herbal Ini Untuk Mengatasinya!
caption

Setiap wanita mengalami fase menstruasi setiap bulannya. Beberapa wanita mengalami fase Pra-Menstruasi atau yang dikenal dengan PMS biasanya beberapa hari sebelum haid. Saat fase PMS, lumrah terjadi berbagai gejala fisik seperti pegal serta payudara membengkak yang menandakan waktu menstruasi segera datang.

Namun gejala fisik ini tak hanya terjadi saat fase PMS loh. Ketika waktu menstruasi tiba, tak jarang banyak wanita yang mengalami nyeri ataupun kram perut. Hal ini tentu saja karena luruhnya dinding rahim berdampak pada bagian tubuh lainnya terutama perut.

Apabila kram perut menyerang, tentunya rasa nyeri ini akan mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi obat ataupun minuman herbal. Beberapa olahan minuman herbal ini aman dikonsumsi dan dapat meredakan nyeri saat haid loh!

Jamu Kunyit Asem

Jamu Kunyit Asem
Jamu Kunyit Asem/foto: maelsumael.onrender.com

Wanita Indonesia pasti sudah tak asing dengan jamu yang satu ini. Jamu kunyit asem telah dipercaya secara turun-temurun sebagai minuman pereda nyeri dan memperlancar haid. Kandungan bahan aktif dalam kunyit seperti analgesik dan antipiretik dapat meredakan nyeri dan menurunkan suhu tubuh. Sedangkan asam jawa berfungsi sebagai antiradang, antireptik dan penenang. Mengkonsumsi jamu kunyit asam dapat membuat tubuh lebih rileks saat sedang haid. 

Teh Lemon Jahe

Teh Lemon Jahe
Teh Lemon Jahe/foto: freepik.com

Kamu sedang haid dan mengalami nyeri tapi takut mengkonsumsi obat? Cobalah minum teh herbal ini. Bahannya sangat sederhana, kamu hanya butuh jahe dan lemon. Cukup isi cangkir dengan air panas dengan potongan jahe dan lemon. Paduan keduanya akan menghasilkan minuman yang hangat dan nikmat. Jahe memang dikenal sebagai ibuprofen yang dapat mengurangi rasa sakit ketika sedang haid. 

Jus Sayur Buah

Jus Sayur Buah
Jus Sayur Buah/foto: freepik.com

Siapa bilang minuman sehat itu tidak lezat? Jus yang diolah dari sayur dan buah merupakan minuman lezat yang dapat membantu meredakan nyeri perut ketika haid. Saat haid disarankan minum jus dari berbagai sayur dan buah seperti bayam, sawi, lemon atau apel. Kamu juga bisa memadukan keduanya loh. Sayur dan buah kaya akan berbagai vitamin dan asam folat. Zat-zat tersebut dapat membantu memperlancar haid dan meredakan nyeri. 

Teh Bunga Telang 

Teh Bunga Telang
Teh Bunga Telang/foto: freepik.com

Pernah liat teh namun berwarna biru? Teh herbal ini merupakan teh yang berasal dari bunga telang atau butterfly pea. Biasanya teh ini  berbentuk berupa bunga kering. Untuk membuatnya, kamu cukup ambil 3-4 kuntum bunga lalu seduh dengan air panas. Bunga telang dapat melancarkan siklus haid kamu. Selain itu teh ini akan memberikan efek rileks untuk tubuh loh. Kamu juga bisa menambahkan dengan beberapa tetes air lemon agar rasanya semakin segar. 

Teh Chamomile

Teh Chamomile
Teh Chamomile/foto: freepik.com

Selain bunga telang, bunga chamomile juga dapat dijadikan minuman herbal pereda nyeri haid. Chamomile berfungsi sebagai antipiretik alami yang dapat membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, teh ini memiliki aroma yang sangat harum dan dapat meningkatkan mood kamu loh. Kini sudah banyak teh chamomile yang dijual di supermaket dalam bentuk teh kantung sehingga lebih praktis disajikan. 

Beberapa minuman herbal ini dapat membantumu meredakan nyeri perut saat haid. Rasa dan aromanya yang nikmat akan membuat tubuh lebih nyaman dan rileks. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id