sign up SIGN UP

LIFE

Ladies, Ternyata Ini Lho Dampak Buruk Jika Kamu Mencukur Bulu Kemaluan

Dini Nurhayati | Selasa, 17 Sep 2019 10:15 WIB
Ladies, Ternyata Ini Lho Dampak Buruk Jika Kamu Mencukur Bulu Kemaluan
caption
Suka mencukur bulu kemaluan? Sekarang kamu harus hati-hati, karena deretan dampak negatif ini mungkin akan timbul.

Pubic hair atau bulu kemaluan adalah salah satu rambut yang tumbuh disekitar area kemaluan dan memiliki peranan besar untuk kesehatan vagina kamu. Fungsi dari bulu kemaluan sendiri ialah untuk melindungi area vagina dari resiko infeksi. Walaupun memiliki manfaat, namun sebagian wanita gemar mencukur bulu kemaluan baik dilakukan sendiri ataupun pergi kesalon untuk melakukan waxing. Hal ini pun sah-sah saja sebenarnya.


Foto: Istimewa

Jika dilakukan dengan cara yang tepat mencukur bulu kemaluan juga memiliki manfaat, seperti membantu membersihkan kelenjar minyak atau keringat yang menyebabkan area kemaluan menjadi lembap serta timbul rasa gatal.

Manfaat lainnya ialah mencegah area intim kamu bau semerbak akibat dari kondisi lembap yang ditimbulkan. Walaupun memiliki manfaat mencukur bulu kemaluan secara berlebihan atau yang lebih parahnya lagi sampai habis atau botak memiliki dampak negatif. Dampak negatif dari mencukur bulu kemaluan yaitu :


Foto: Istimewa

Timbul Rasa Nyeri


Mencukur bulu kemaluan dengan metode waxing walaupun mempunyai hasil yang maksimal namun menimbulkan rasa nyeri di kulit karena area tersebut lebih sensitif dibandingkan dengan bulu di area tubuh kamu lainnya.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/503699539557561868/

Memiliki Resiko Terluka


Baik menggunakan gunting, pisau cukur ataupun dengan metode waxing semua caranya ini memiliki resiko area kulit di bulu kemaluan kamu menjadi terluka hingga berdarah lhoEfek yang lebih parah lagi bisa saja timbul ruam, kemerahan hingga iritasi.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/511158626435971667/

Meningkatkan Resiko Infeksi


Penggunaan alat yang tidak bersih dapat mempermudah perpindahan bakteri dari alat ke vagina kamu lho. Selain itu area kulit yang dicukur bisa saja terluka kemudian dengan tidak adanya perlindungan dari area luar akan mempermudah infeksi untuk timbul yang disusul dengan efek rasa gatal, kemerahan lecet hingga infeksi genital.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/674906694129394216/

Tidak Adalagi Pelindung


Seperti yang kita tahu bulu kemaluan berfungsi sebgai pelindung area vagina dengan lingkungan luar, ketika melakukan cukur bulu kemaluan hingga habis maka vagina lebih mudah terpapar bakteri dan kotoran lebih mudah masuk ke arah vagina.


Foto: Istimewa

Walaupun memiliki dampak buruk, pencukuran rutin bulu kemaluan juga penting. Namun akan jauh lebih baik jika kamu hanya memotong pendek dan tidak berlebihan dan melakukan pencukuran. Hal terpenting lainnya pastikan selalu menjaga kebersihan alat yang digunakan.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id