sign up SIGN UP

LIFE

Liburan ke Korea? Jangan Lupa Santap 5 Kuliner Wajib Ini, Ya!

Ramona_25 | Rabu, 11 Mar 2020 03:30 WIB
Liburan ke Korea? Jangan Lupa Santap 5 Kuliner Wajib Ini, Ya!
caption
Korea enggak hanya terkenal karena idol atau dramanya, tapi juga makanannya. Jika liburan ke Korea, ada banyak kuliner yang wajib kamu coba. Ini 5 di antaranya!

1. Japchae


Foto: https://id.pinterest.com

Makanan khas Korea ini mirip banget dengan makanan Indonesia, yaitu Capcay. Sebenarnya Japchae dan Capcay mirip, yang membedakannya adalah tambahan mie bihun khas Korea yang ada pada Japchae. Bisa dibilang Japchae juga mirip dengan mie goreng atau soun goreng di Indonesia. Bedanya bihun pada Japchae terbuat dari tepung kentang, sehingga teksturnya lebih kenyal.

Selain itu, proses pembuatan Japchae juga berbeda. Sayur terlebih dahulu ditumis, kemudian didinginkan, lalu dicampur dengan mie, bumbu dan minyak wijen. Kuliner Korea yang satu ini wajib kamu coba kalau berkunjung ke Korea, ya.


2. Miyeok-Guk


Foto: https://id.pinterest.com

Miyeok Guk atau sup rumput laut sering jadi salah satu adegan dalam K-drama. Orang Korea sendiri mengonsumsi sup rumput laut khususnya saat merayakan pesta ulang tahun. Tradisi makan Miyeok-guk saat ulang tahun sebagai doa agar panjang umur.

Miyeok-guk juga banyak dikonsumsi oleh Ibu hamil di Korea beberapa bulan menjelang melahirkan karena memiliki kandungan gizi tinggi. Kalau kamu berencana traveling dan mencicipi kuliner Korea jangan lupa untuk mampir ke restoran yang menyediakan menu Miyeok-guk  ya.


3. Bungoeppang


Foto: https://id.pinterest.com

Kalau lagi musim dingin, antara bulan Oktober hingga Februari, Bungoeppang jadi camilan yang pas dikonsumsi karena rasanya yang manis dan harus disantap saat masih panas. Kue manis ini berbentuk ikan yang di dalamnya terdapat selai kacang merah yang sudah dicampur dengan gula. Saat musim dingin, makanan ini sangat populer dan banyak dijual di warung-warung pinggir jalan.

Bungoeppang semakin populer karena sering sekali muncul di dalam K-drama. Jadi ingin kan untuk langsung mencicipi kue ikan yang lezat ini di negeri Ginseng ini?


4. Jjamppong


Foto: https://id.pinterest.com

Kuliner Korea selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Jjamppong. Kuliner ini merupakan mi kuah pedas yang dicampur dengan makanan laut seperti kerang, udang, cumi, gurita dan dicampur dengan gochugaru (bubuk lada merah).

Dalam satu mangkuk Jjamppong diisi dengan mi dan berbagai macam seafood segar. Buat kamu yang tidak bisa makan pedas, Jjamppong juga tersedia yang tidak menggunakan lada merah atau cabai. Jjamppong wajib masuk dalam list kuliner Korea kamu, Ladies.


5. Naengmyeon


Foto: https://id.pinterest.com

Biasanya mi dinikmati dengan kuah yang panas dan menggoda, namun tidak dengan Naengmyeon yang disantap dengan kuah mi dingin dengan taburan es batu. Naengmyeon merupakan kuliner Korea yang cukup unik dan berbeda karena disajikan dalam keadaan dingin.

Itu karena Naengmyeon adalah makanan yang disajikan pada saat musim panas sehingga bisa membantu menyegarkan tubuh saat kegerahan. Lezat dan unik, di dalam seporsi Naengmyeon terdapat mie, telur, sayuran, kimchi, buah pir dan lainnya. 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id