sign up SIGN UP

Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kinerja Otakmu Lho! Cobain Yuk!

Allyoo Ri | Kamis, 30 Jan 2020 10:45 WIB
Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kinerja Otakmu Lho! Cobain Yuk!
caption
Otak menjadi organ paling krusial yang manusia miliki. Sifatnya yang kompleks dengan kinerja yang terus menerus, tentu saja harus kamu perhatikan. Terutama asupan nutrisi dari makanan yang kamu santap. Supaya gak salah makan, kamu harus tahu nih makanan apa saja yang baik untuk otak.

Kemampuan otak yang sangat diperlukan dalam tubuh dan sehari-hari, tentu perlu diimbangi dengan asupan yang baik dan bergizi. Kinerjanya yang tidak berhenti dan terus menerus, membuat kita mau tak mau harus memperhatikan kesehatannya. Apalagi otak ternyata memerlukan sekitar 20% kalori tubuh lho. Supaya kinerjanya selalu optimal, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang akan mendukung kinerja otakmu.

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 menjadi fokus yang harus kamu pilih untuk meningkatkan sel-sel otak dan antioksidan sebagai pereda stress. Supaya kamu lebih tahu, ayo kita lihat makanan apa saja yang bisa menjaga dan meningkatkan kinerja otak,
 


1. Cokelat Hitam


Foto: Istimewa

Berbeda dari coklat biasa yang dominan dengan rasa manis, cokelat hitam memang memiliki sensasi sedikit pahit. Tetapi jangan salah! Jenis cokelat satu ini miliki kandungan yang sangat baik untuk otakmu lho. kandungan antioksidan dalam kakao yang ada pada cokelat hitam sangat membantu kesehatan otak.

Dengan mengonsumsinya para peneliti berpendapat bahwa, cokelat hitam dapat meningkatkan plastisitas otak. Hal ini sangat penting untuk pembelajaran.
 


2. Kacang-kacangan / Biji-bijian


Foto: Istimewa

Asam lemak omega-3 yang tinggi terdapat dalam kacang-kacangan dan biji-bijian. Sehingga membantu meningkatkan fungsi otak. Belum lagi, antioksidan juga terdapat didalamnya. Vitamin E antioksidan akan melindungi sel dari stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Di usia yang lebih tua, mengkonsumsi kacang-kacangan/biji-bijian dapat membantu menjaga kesehatan otak.
 


3. Ikan Kaya Lemak


Foto: Istimewa

Mengkonsumsi ikan berminyak, akan sangat membantu nutrisi asam lemak omega-3 dalam tubuh. Membran akan dibantu untuk tumbuh di sekitar tiap sel yang ada dalam tubuh. Neuron dalam sel otakmu pun dapat dijaga dan dibantu agar lebih baik. Sebuah studi tahun 2017, membuat para peneliti memiliki kesimpulan jika fungsi otak bisa menjadi lebih baik dengan nutrisi omega-3.
 


4. Alpukat


Foto: Istimewa

Mengonsumsi alpukat ternyata bisa membantumu mengurangi risiko terkena Alzheimer lho! Kandungan Vitamin E dan C, serta antioksidan yang baik untuk tubuh sangat baik untuk mendukung kinerja otakmu. Meski memiliki kandungan tinggi lemak, tapi dalam Alpukat lemak yang ada didalamnya adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak tersebut berkontribusi dalam kesehatan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah ke otak lancar, maka otak pun akan sehat.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id