sign up SIGN UP

LIFE

Mendapatkan Kuku Sehat dan Tak Gampang Patah

Susana Handoyo | Senin, 29 Aug 2016 03:00 WIB
Mendapatkan Kuku Sehat dan Tak Gampang Patah
caption
Walaupun kecil dan kadang diremehkan, kuku adalah bagian tubuh yang memerlukan perawatan. Kuku berkilau dengan bentuk terawat menandakan kamu adalah wanita yang bisa merawat diri. Sayangnya, ada beberapa wanita yang memiliki kuku rapuh dan mudah patah. Hal ini kadang membuat wanita tidak bisa memakai kutek. Bahkan kuku yang patah bisa menyebabkan pendarahan. Agar kuku kuat dan tidak mudah patah, kamu bisa menggunakan tips ini.

Hentikan Kebiasaan Menggigit Kuku


Untuk mendapatkan kuku cantik dan kuat, hentikan kebiasaan menggigit-gigit kuku. Selain membuat kuku jelek, kebiasaan ini membuat kamu tidak terlihat cantik di mata orang lain.


Foto: Istimewa

Pijatlah Kuku dan Sekitarnya


Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang khasiat minyak zaitun untuk merawat wajah, rambut, atau tubuh. Ternyata selain itu, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk merawat kuku tangan ataupun kaki. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu tinggal mengoleskan minyak zaitun extra virgin oil pada kuku sambil digosok lembut dan diamkan selama 15 menit sebelum membasuhnya dengan air hangat.

Perawatan ini idealnya dilakukan 2 hari sekali. Selain itu, pijatlah juga sekitar kuku dengan minyak zaitun. Fungsinya adalah menguatkan kuku dan melembutkan kutikula. Pijat perlahan untuk melancarkan aliran darah dan membuat nutrisi kuku tercukupi.
 


Foto: Istimewa

Hindari Pemakaian Kutek Sementara Waktu


Tunda keinginan memakai kutek warna-warni. Biarkan kuku mengalami masa istirahat dan tidak terkena bahan kimia keras. Kuku yang sudah rapuh akan semakin rapuh jika terkena kutek.


Foto: Istimewa

Lapisi dengan Kutek Khusus


Untuk memberi perlindungan ekstra, gunakan kutek bening yang diformulasikan khusus untuk menguatkan kuku. Produk ini biasanya lebih mahal dibanding kutek biasa, namun ampuh membuat kuku lebih kuat.


Foto: Istimewa

Lindungi Kuku


Kuku sering rapuh saat terkena banyak bahan kimia, termasuk sabun. Maka biasakan memakai sarung tangan karet atau plastik saat mencuci piring, membersihkan kamar mandi atau saat berkebun.


Foto: Istimewa

Konsumsi Makanan Bergizi dan Suplemen


Masalah pada kuku dapat menjadi indikator bahwa kesehatan kita juga kurang baik. Untuk menjaga agar kuku tak gampang retak atau patah, lakukan juga perawatan dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, B dan B5. Kamu dapat mengkonsumsi kacang hijau, pisang, tauge, dan sebagainya. Selain itu kamu juga dapat memperoleh suplemen vitamin ini di apotek.  


Foto: Istimewa

Mulai sekarang rawatlah kuku dengan tips di atas dan kamu akan mendapatkan kuku yang sehat, cantik, dan tidak gampang patah.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id