sign up SIGN UP

LIFE

Mengenal Malatang, Makanan dari China Dagangan Keluarga Chenle NCT Dream

Rima WK | Rabu, 13 Jan 2021 11:30 WIB
Mengenal Malatang, Makanan dari China Dagangan Keluarga Chenle NCT Dream
caption

Bagi penikmat kuliner Asia pasti sudah tak asing dengan menu makanan Malatang yang berasal dari China, bahkan populer di Korea Selatan. Tak hanya dikenal dari asalnya, makanan ini juga dikenal dengan kepedasannya dengan bumbu khas pedas.

Sajian menu Malatang dengan sup pedas dan menu isian khas penuh sayur dan dilengkapi daging.
Sajian menu Malatang dengan sup pedas dan menu isian khas penuh sayur dan dilengkapi daging/Sumber/Pinterest/Soupeduprecipes

Kuliner satu ini disajikan dengan versi yaitu Malatang dengan sup pedas yang berisi sayur dan daging, dan Malatang Mala Xiang Guo yang disajikan dengan versi tumis.  Sajian ini pun menjadi menu utama dari rumah makan keluarga Chenle NCT Dream yaitu tantenya.

Keluarga idol asal SM Entertainment tersebut bernama Tenpa Malatang Mala Xiang Guo di kawasan Cheondam Food Street, distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan.  Usut punya usut, rumah makan tantenya Chenle tersebut sering didatangi sederet selebriti, termasuk para member NT Dream. Bukan karena hanya milik keluarga Chenle tapi juga kualitas rasanya. 

Hidangan China ini berasal dari daerah Sichuan. Dari namanya, Malatang diambil dari nama menu utamanya saus Mala, lada Sichuan dan cabe kering. Dari namanya, kata Mala berarti 'mati rasa' dan pedas, sesuai dengan rasa sajiannya. 

Sajian menu Mala Xiang Guo, 'temannya' Malatang, dengan sayur-sayur yang dilengkapi daging dan disajikan dengan rasa pedasnya yang khas.
Sajian menu Mala Xiang Guo, 'temannya' Malatang, dengan sayur-sayur yang dilengkapi daging dan disajikan dengan rasa pedasnya yang khas/Sumber/Pinterest/thewokoflife.

Dulunya, Malatang dimakan oleh para warga Sichuan yang tinggal di daerah lembap, berkabut dan dikelilingi sungai. Mereka membuat menu ini dengan memasakukan lada Sichuan dan jahe sebagai penyejuk tubuh di kondisi daerah tersebut.

Sajian Malatang dan Malatang Xiang Guo cocok banget buat kamu yang suka sayur dan pedas serta gurih. Tak hanya pedas biasa, bahkan pedas dari bumbu Mala ini bisa membuat lidahmu mati rasa. Wow, challanging banget nih buat dicoba.

Umumnya, rumah makan Malatang dan Malatang Xiang Guo menjajakan sayur-sayuran dan daging di etalase. Para pembeli bisa memilih sendiri isi menunya untuk diolah menjadi Malatang atau Malatang Xiang Guo. 

Pembeli bebas memilih menu isian Malatang dan Mala Xiang Guo di restoran.
Pembeli bebas memilih menu isian Malatang dan Mala Xiang Guo di restoran/Sumber/Pinterest/BlogTO

Beberapa bahan dasar selain sayu-sayuran yang ada di Malatang dan Mala Xiang Guo adalah tahu kering,  akar teratai, mie, telur, sosis, daging sapi, fish cake, atau daging babi. 

Selanjutnya, pembeli bisa memilih sendiri untuk dijadikan Malatang (berkuah) atau Malatang Xiang Guo (tumis). Menu ini juga cocok dimakan dengan nasi.

Di masa pandemi ini, jika tidak bisa menyantap langsung di rumah makan, Malatang dan Malatang Mala Xiang Guo ini juga mudah untuk dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang bisa ditemukan di pasar, lho. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id