sign up SIGN UP

LIFE

4 Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Dijamin Empuk!

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 07 Jan 2021 12:15 WIB
4 Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Dijamin Empuk!
caption

Cumi merupakan salah satu makanan laut yang tergolong sulit untuk diolah. Tekstur yang padat dan kenyal seringkali membuat cumi terasa alot saat dimakan. Untuk itulah, perlu cara yang tepat untuk memasaknya supaya daging cumi tidak alot. Apa saja caranya? simak selengkapnya di bawah ini. 

Dibakar

Cumi dibakar akan menghasilkan tekstur yang empuk/freepik.com
Cumi dibakar/freepik.com

Cara memasak cumi yang pertama supaya tidak alot adalah dengan cara dibakar. Dilansir dari HaiBunda.com, sebelum dibakar, silakan baluri cumi dengan bumbu merica dan garam. Lanjutkan dengan membakarnya di atas api besar dengan durasi kurang lebih dua hingga tiga menit. Jika sudah, silakan angkat dan cumi-cumi bertekstur empuk pun siap disantap.

Agar lebih nikmat, kamu bisa menyantap cumi yang sudah dibakar bersama pasta. Dengan mengkonsumsi cumi bakar ini, kamu akan mendapatkan asupan protein yang baik. Jika ingin lebih komplit, silakan tambahkan sayuran seperti salad ataupun yang lainnya.

Dipanggang

Cumi panggang menjadi lebih empuk dan nikmat/freepik.com
Cumi panggang/freepik.com

Selanjutnya ialah dengan cara dipanggang. Agar lebih mudah, pangang cumi yang masih berbentuk utuh. Namun, jika sudah terlanjur memotongnya menjadi beberapa bagian, kamu  bisa menggunakan panci pemanggang khusus. Baluri cumi dengan bumbu merica dan juga garam sebelum dipanggang.

Saat memanggangnya, pastikan arang ataupun api kompor yang digunakan menyala dengan besar. Butuh waktu sekitar dua hingga tiga menit untuk memastikan cumi matang dengan sempurna. Kamu bisa melihatnya dari perubahan warna yang ditampilkan. Memakan cumi panggang dengan nasi hangat dan sayuran hijau tentu akan lebih nikmat.

Ditumis

Cumi tumis terasa lebih empuk dan lezat/freepik.com
Cumi tumis/freepik.com

Cara yang tidak kalah ampuh untuk menghasilkan cumi yang empuk adalah dengan menumisnya. Hal ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang punya waktu lebih. Ya, karena cara ini akan memakan lebih banyak waktu. Cara melakukannya cukup mudah, kamu tinggal masukkan cumi ke dalam panci penumisan, lalu tutup hingga mendidih dan matang.

Biarkan bumbu dan minyak meresap sempurna ke dalam cumi. Agar lebih nikmat, tambahkan kari, saus marinara dan juga bawang putih. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit-1 jam.

Direbus

Cumi rebus menghasilkan tekstur empuk dan segar/freepik.com
Cumi rebus/freepik.com

Mengolah cumi supaya dagingnya tetap empuk juga bisa dilakukan dengan cara direbus. Kamu tinggal rebus cumi beserta tentakelnya yang sudah diiris. Selanjutnya, masukkan cumi dan irisan tentakelnya ke dalam air yang sudah mendidih selama kurang lebih satu menit. Jika sudah, lanjutkan dengan memasukkan cumi ke dalam air es.

Cumi yang sudah dingin bisa kamu campurkan dengan aneka sayuran yang diiris tipis seperti seledri dan juga bawang merah. Selain itu, kamu juga bisa mengolah cumi rebus ini menjadi sup dengan menambahkannya di bagian akhir memasak sup.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id