sign up SIGN UP

Meningkatkan Kolagen, 8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Awet Muda Lho!

Henny Alifah | Selasa, 17 Aug 2021 22:15 WIB
Meningkatkan Kolagen, 8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Awet Muda Lho!
caption

Kulit halus awet muda salah satunya bisa didapat dengan menjaga kolagen dalam kulit. Kolagen merupakan protein yang terdapat di berbagai bagian tubuh, seperti kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Pada kulit, kolagen berperan dalam proses regenerasi kulit sehingga tetap kenyal, bebas keriput, dan terhidrasi. 

Mengapa harus dijaga? Karena produksi kolagen menurun seiring pertambahan usia. Untuk itu, diperlukan beberapa cara agar produksi kolagen tetap maksimal sehingga memperlambat munculnya tanda penuaan pada kulit. Di antara cara-cara tersebut adalah dengan menerapkan delapan pola kebiasaan sehari-hari seperti berikut ini.

1. Tambahkan Protein Rendah Lemak ke Menu Makan

Sushi
Foto: Pexels.com/Pixabay

Makanan berprotein tinggi mengandung asam amino yang penting untuk sintesis kolagen. Lean protein atau protein rendah lemak bisa kamu temukan pada ikan, seafood, dada ayam tanpa kulit, dan daging sapi.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Salad
Foto: Pexels.com/Ruslan Khmelevsky

Buah-buahan dan sayuran tak hanya mencegah penyakit jantung, stroke, hingga kanker, tetapi juga baik untuk kulit. Jenis makanan ini kaya antioksidan, dapat membantu menangkal kerusakan akibat radikal bebas yang menurunkan kolagen. Jadi jangan ragu mengisi setengah piring makan dengan sayur dan buah.

3. Batasi Konsumsi Gula

Donat
Foto: Pexels.com/Tofros.com

Pola makan yang kaya akan gula mendorong pembentukan produk akhir glikasi lanjut (disebut AGEs) yang memecah kolagen. Karena itu, membatasi konsumsi gula bisa berpengaruh pada penampilan awet muda.

4. Suplemen Kolagen

Ilustrasi: suplemen kolagen
Foto: Pexels.com/Pixabay

Pertimbangkan konsumsi suplemen kolagen untuk mempertahankan kulit halus awet muda. Ada banyak suplemen kolagen yang bisa kamu pilih, termasuk dalam bentuk bubuk yang bisa dicampur ke dalam kopi dan smoothie. Suplemen jenis ini diklaim dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, hidrasi, dan kepadatan kolagen di dalam kulit.

5. Kenakan Topi dan Kacamata untuk Menghalangi Sinar Matahari

Topi dan kacamata
Foto: Pexels.com/Kindel Media

Menurut Skin Cancer Foundation, topi bertepi lebar akan melindungi wajah, kulit kepala, dan leher dari sinar matahari yang merusak. Saat beraktivitas di lapangan atau di bawah matahari langsung, kebiasaan memakai topi berbahan rapat yang memiliki pinggiran minimal 3 inci sangat disarankan.

Selain itu, untuk mencegah terbentuknya crow's feet, kenakan tinted glasses. Crow's feet merupakan kerutan di sudut luar mata yang biasanya muncul ketika sedang tersenyum, bentuknya mirip cakar burung gagak. Tinted glasses atau kacamata warna akan mencegah sinar UV menyelinap di sekitar mata sekaligus bikin tampilan kamu jadi lebih bergaya.

6. Tidak Merokok

Rokok
Foto: Unsplash.com/Andres Siimon

Merokok menurunkan aliran darah dan oksigen ke kulit. Merokok juga menciptakan radikal bebas beracun yang merusak serat kolagen dan elastin, serta menyerap antioksidan di kulit. Pada akhirnya, merokok akan mempercepat pembentukan kerutan. Jika kamu masih merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang.

7. Aktif Bergerak dan Hindarkan Diri dari Stres

Olahraga
Foto: Pexels.com/Tree of Life Seeds

Stres menyebabkan peradangan dan melemahkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri sehingga mempercepat penuaan kulit. Salah satu cara menghilangkan stres yaitu dengan melakukan olahraga. Aktivitas fisik membuat tubuh, pikiran, dan kulit awet muda.

8. Istirahat Cukup

Tidur nyenyak
Foto: Pexels.com/Anna Nekrashevich

Mempertahankan jadwal tidur yang teratur dapat membantu pembaruan kolagen. Orang dewasa direkomendasikan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam per malam.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id