sign up SIGN UP

LIFE

Menyeduh Kantung Teh Terlalu Lama Ternyata Bahaya Lho, Ini Penjelasannya!

Ayuliy | Sabtu, 21 Mar 2020 03:00 WIB
Menyeduh Kantung Teh Terlalu Lama Ternyata Bahaya Lho, Ini Penjelasannya!
caption
Banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara menyeduh kantung teh yang benar, tak jarang orang-orang menyeduhnya dalam waktu yang cukup lama. Padahal tersebut cukup berbahaya lho!

Teh celup memang salah satu cara praktis yang bisa kamu gunakan ketika kamu ingin menikmati secangkir teh. Apalagi meneguk secangkir teh hangat sudah menjadi budaya yang sangat digemari. Bukan hanya tentang rasa saja tapi teh memang bisa memberikan efek relaksasi dan energi yang bisa membuat kamu menjadi lebih sehat, Ladies.


Foto: Istimewa

Tapi tahukah kamu bahwa menyeduh kantung teh terlalu lama juga bisa berbahaya. Tidak hanya menyebabkan teh menjadi lebih kental dan merusak rasa tapi juga memberikan dampak pada tubuh, lho!

Teh yang terlalu kental bisa memberikan efek pada ginjal dan mengganggu kinerja ginjal. Bahkan school of tea organization merekomendasikan menyeduh teh rata-rata selama 2 sampai 5 menit dalam suhu 70 sampai 100 derajat Celcius.
 


Foto: Istimewa

Kamu juga harus memperhatikan jenis teh yang kamu pakai misalnya untuk teh hitam kamu boleh menyentuhnya hingga 5 menit. Untuk teh herbal akan lebih aman disebut selama 3 hingga 5 menit.

Selain bisa memberikan dampak pada kesehatan, menyeduh teh dalam waktu yang terlalu lama bisa membuang kandungan sehat pada teh seperti antioksidan dan kafein yang dibutuhkan tubuh.
 



Foto: Istimewa

Hal paling penting untuk diingat, kamu tidak boleh menyeduh teh lebih dari 2 kali. Memang teh dengan bentuk daun bisa diseduh hingga 4 sampai 5 kali tapi jika daun teh tersebut memiliki kualitas yang baik.

Sedangkan untuk teh celup, memang didesain untuk satu kali pakai. Meskipun menggunakan daun yang sama namun proses daun teh menjadi teh celup melewati proses yang cukup panjang sehingga membuatnya menjadi berbeda.
 


Foto: Istimewa

Cara terbaik mengkonsumsi teh celup adalah dengan merendamnya ke dalam air panas dan diamkan hingga warna teh keluar. Setelah warna teh dirasa cukup, tidak terlalu pekat dan juga tidak terlalu tipis maka kamu bisa segera mengeluarkan kantung teh dari rendaman air.


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id