sign up SIGN UP

LIFE

Olahraga Tepat bagi Wanita yang Baru Melahirkan

Diana | Sabtu, 03 Jan 2015 00:00 WIB
Olahraga Tepat bagi Wanita yang Baru Melahirkan
caption
Setelah melahirkan, wanita biasanya akan mengkhawatirkan bentuk tubuhnya yang melar. Meski demikian, pilihan untuk berolahraga menumbuhkan rasa takut akan cedera setelah persalinan. Nah berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang aman dilakukan dan bisa membantu mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.

Manfaatnya


Penelitian membuktikan bahwa memulai program olahraga segera setelah melahirkan tidak hanya bagus untuk kesehatan secara umum, tapi juga dapat mengurangi risiko depresi postpartum.https://www.webmd.com/parenting/6-exercises-for-new-moms
Jika dilakukan dengan metode yang tepat, olahraga setelah melahirkan bisa memberi manfaat sebagai berikut:
Meningkatkan endorfin di otak sehingga mood menjadikan lebih baik.https://www.babycentre.co.uk/a749/postnatal-exercises-for-the-first-six-weeks
Membantu menurunkan berat badan dan mengembalikan bentuk tubuh sebelum hamil, dengan syarat makan teratur.https://www.babycentre.co.uk/a749/postnatal-exercises-for-the-first-six-weeks
Melindungi tubuh dari nyeri dan sakithttps://www.babycentre.co.uk/a749/postnatal-exercises-for-the-first-six-weeks
Memberi energi lebih saat merasa lelah.https://www.babycentre.co.uk/a749/postnatal-exercises-for-the-first-six-weeks
Meningkatkan tenaga dan stamina, sehingga mengurus si kecil jadi lebih mudah.https://www.babycentre.co.uk/a749/postnatal-exercises-for-the-first-six-weeks

Jalan Kaki


Foto: https://www.care2.com/greenliving/is-walking-enough-of-a-workout.html
Mungkin terdengar sepele, tapi jalan kaki adalah cara paling sederhana untuk memulai rutinitas olahraga setelah melahirkan.https://www.webmd.com/parenting/6-exercises-for-new-moms

Nafas Dalam dengan Kontraksi Abdominal


Foto: https://www.gnet.org/helpful-exercises-you-can-do-to-relieve-a-tension-headache/
Gerakan ini sangat mudah dan bisa membantu relaksasi dan memperkuat otot sekitar perut.
Duduk tegak dan ambil nafas dalam-dalam, ambil dengan mendorong diafragma ke atas. Kontraksikan dan tahan otot perut secara kencang saat mengambil nafas dan relaksasikan saat menghembuskan nafas. Tingkatkan waktu untuk mengambil dan menghembuskan nafas setiap pengulangan.https://www.webmd.com/parenting/6-exercises-for-new-moms

Kegel Exercise


[Gambas:Youtube]

Kegel exercise membantu memulihkan otot perut dan pelvis yang melar.

Pilates


[Gambas:Youtube]

Pilates membantu membakar lemak di perut.

Konsultasikan Dulu Dengan Dokter Kandungan


Semua olahraga tadi memang efektif, tapi perlu diingat bahwa jika dipaksakan akan menimbulkan cedera. Sebaiknya tanyakan dulu ke dokter kapan ibu bisa melakukan olahraga seperti di atas.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id