sign up SIGN UP

Pilih 4 Makanan dengan Kandungan Ini Agar Lebih Bertenaga Saat Berpuasa

Rima WK | Kamis, 15 Apr 2021 15:30 WIB
Pilih 4 Makanan dengan Kandungan Ini  Agar Lebih Bertenaga Saat Berpuasa
caption
Jakarta -

Menjalani puasa tidak bisa jadi alasan badanmu lemas kalau kamu memilih asupan yang tepat untuk menjalani hari. Saat sahur, sebagian orang hanya memilih makanan yang praktis saja tanpa mempertimbangkan kandungan di dalamnya untuk bisa membuat tubuhmu kuat selama berpuasa. 

Nih, cek 4 kandungan makanan yang dapat membuat tubuhmu kuat beraktivitas saat berpuasa. Tentunya, dibarengi dengan jumlah yang sesuai dan pola hidup yang sehat ya.

Protein

Boiled egg.
Boiled egg/Sumber/Pinterest/Jaroflemons.

Protein memiliki manfaat sebagai sumber energi, selain karbohidrat dan lemak. Beberapa makanan yang mengandung protein bisa menjadi pilihan menu sahurmu agar bisa memberikan energi sepanjang waktu berpuasa 

Beberapa bahan mengandung protein yang mudah ditemui yaitu telur, dada ayam, roti gandum, ikan, daging, atau susu berprotein dan protein shake, dan masih banyak lagi. Untuk porsinya bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu.

Karbohidrat Kompleks

Healthy food
Healthy food/Sumber/Pinterest/viimeistamuruamyoten

Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang memiliki kandungan serat, gula, dan zat pati. Tentunya, kandungan ini lebih mudah dicerna dan baik untuk kekuatan tubuh. 

Berbeda dari karbohidrat sederhana seperti roti putih, nasi putih, mie instan dan makanan olahan lainnya, makanan karbohidrat kompleks seperti ubi-ubian, kacang-kacangan, nasi merah, gandum, sayur, buah, dan lainnya. 

Gula Alami

Kurma
Kurma/Sumber/Pinterest/thekitchn

Meski banyak disebutkan bahwa manisnya gula tidak baik untuk tubuh, masih ada kandungan manis yang bisa didapatkan dari gula alami. Beberapa makanan dengan kandungan gula alami ini cocok untuk untuk mengembalikan energi dan dikonsumsi saat berbuka puasa. Salah satunya adalah kurma. 

Selain itu, beberapa gula alami yang baik untuk tubuh yaitu daun stevia, madu, gula aren, dan sirup maple.

Air 

Mineral water
Mineral water/sumber/pinterest/livestrong

Air menjadi hal penting dalam menghidrasi tubuh selama berpuasa. Konsumsi air pun diperhitungkan sesuai kebutuhan tubuh atau berat badan tubuh. Umumnya, konsumsi air yang tepat untuk menghidrasi tubuh minimal 2 liter air.

Namun, air tak hanya didapat dari mengkonsumsi air mineral saja. Air lainnya bisa didapat dari sumber makanan dengan kandungan air tinggi, seperti buah dan sayur. Diantaranya, semangka, bayam, timun, tomat, blewah, stroberi, jeruk, dan belimbing. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id