sign up SIGN UP

LIFE

Punya Kutil Bikin Kesel? Cari Tahu Cara Alami Hingga Rekomendasi Produk untuk Mengatasinya!

Lindarizki Safitri | Jumat, 08 Feb 2019 11:46 WIB
Punya Kutil Bikin Kesel? Cari Tahu Cara Alami Hingga Rekomendasi Produk untuk Mengatasinya!
caption
Kutil merupakan salah satu permasalahan kulit yang disebabkan oleh human papiloma virus (HPV) dmana virus tersebut menyerang lapisan kulit kemudian memproduksi keratin atau protein keras. Agar tak mengganggu penampilan, coba cara ampuh ini untuk mengusir kutil di bagian wajahmu.

1. KENALI CIRI-CIRI KUTIL PADA WAJAH


Kutil merupakan salah satu penyakit kulit berupa tumbuhan daging kecil mirip benjolan bertekstur kasar dan seringkali muncul di permukaan kulit, tak terkecuali pada kulit wajah. Sebelum menyebar atau semakin parah, ada baiknya kamu kenali ciri-ciri kutil pada wajah untuk segera melakukan pengobatan :
1. Pada umumnya bentuk kutil menonjol keatas seperti bulatan yang memiliki permukaan kulit yang kasar
2. Rasa sakit pada tonjolan
3. Terkadang kutil menimbulkan rasa gatal


Foto: Istimewa

2. CARA ALAMI HILANGKAN KUTIL DI WAJAH DAN LEHER


1. Gunakan Lemon
     Untuk menghilangkan kutil di wajah, kamu cukup mengoleskan sari lemon pada kutil sebanyak sebanyak 3 kali sehari. Kandungan asam sitrat dalam air lemon yang mengandung vitamin C sangat efektif untuk membunuh virus HPV yang menyebabkan kutil.

2. Gunakan Kulit Pisang
    Kulit pisang ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan kutil di wajah dan leher. Kulit pisang mengandung enzim proteolitik, yaitu enzim yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan protein sehingga sangat efektif untuk mencerna dan juga melarutkan kutil yang ada di kulit wajah. Untuk menghilangkan kutil menggunakan kulit pisang, kamu harus menghaluskan kulit pisang terlebih dahulu. Kemudian, bubuhkan bubur kulit bisang pada kutil kemudian tutupi menggunakan plester agar kandungan enzim proteolitik dalam kulit pisang bekerja dengan baik. Lakukan metode tersebut 2 kali sehari untuk memperoleh hasil yang optimal.

3. Cuka Apel
    Cuka apel memang memiliki 1001 khasiat ya. Untuk menghilangkan kutil di wajah dan leher, kamu cukup menyiapkan satu sendok teh cuka apel kemudian campurkan dengan setengah sendok teh air bersih. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan campuran cuka apel dan air tersebut ke area kulit yang terkena kutil. 

 



Foto: Istimewa

3. KAMU BISA PAKAI ALTERNATIF LAIN, MENGHILANGKAN KUTIL DENGAN LIDAH BUAYA


Nah, kalau dengan tanaman yang satu ini mungkin kamu akan percaya karena memang tanaman ini sudah terbukti dengan 1001 manfaatnya yang berguna dari ujung kepala sampai ujung kaki. Lidah buaya juga bisa di gunakan untuk 'mengusir' kutil yang ada di wajah kamu. Nah, selanjutnya kamu harus tahu caranya, jadi simak tips menghilangkan kutil dengan lidah buaya di bawah ini


Foto: Istimewa

Cara Pertama: Mengoleskan Lidah Buaya Pada Kutil Wajah
Cara ini merupakan cara paling praktis dan gampang, dear. Berikut langkahnya :

        
  1. Ambil lidah buaya
  2.     
  3. Taruh lidah buaya dalam posisi tegak lurus agar getahnya mengalir keluar
  4.     
  5. Setelah getahnya keluar, cuci lidah buaya dengan air bersih
  6.     
  7. Jika sudah dicuci dengan air bersih, kupas kulit lidah buaya sampai bersih
  8.     
  9. Setelah bersih, potong daging lidah buaya taruh didalam tempat yang bersih agar tidak terkontaminasi bakteri
  10.     
  11. Oleskan daging lidah buaya ke kutil di wajah (sebelum mengoleskan, sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu)
  12.     
  13. Diamkankan olesan lidah buaya selama 5-10 menit, lalu cuci kembali muka dengan bersih
  14.     
  15. Ulangi penggunaan lidah buaya minimal 2x sehari
  16.     
  17. sisa potongan lidah buaya dapat ditutup rapat dan disimpan di dalam kulkas, cukup disimpan dalam kulkas, hindari menyimpan dalam freezer
Cara Kedua: Dengan Jus Lidah Buaya
Kamu juga tak boleh melupakan pengobatan dari dalam untuk mempercepat proses penyembuhan, alah satunya dengan jus lidah buaya. Biar enggak keliru, berikut langkah-langkahnya:
        
  1. Siapkan lidah buaya dan es batu sebagai bahan utama. Kamu bisa menambahkan madu atau gula untuk mempermanis.
  2.     
  3. Pertama-tama, kamu harus membersihkan dan mengupas kulit lidah buaya untuk mengambil dagingnya
  4.     
  5. Potong daging lidah buaya menjadi beberapa potongan dan masukan ke dalam blender
  6.     
  7. Masukan es batu
  8.     
  9. Kamu bisa menambahkan bahan tambahan pada bagian ini, dengan memasukan madu atau sedikit gula untuk menambah rasa pada jus lidah buaya. Disarankan menggunakan madu murni agar khasiatnya tidak hilang
  10.     
  11. Blender bahan bahan yang telah dimasukan
  12.     
  13. Sajikan dalam gelas, anda dapat meminum jus lidah buaya satu hari sekali setiap pagi atau malam

4. SALEP AMPUH UNTUK MENGUSIR KUTIL DARI WAJAH


Eits, jangan hanya mengandalkan obat alami yang turun temurun. Kamu juga perlu pergi ke dokter untuk konsultasi dan sebaiknya meminta rekomendasi salep penghilang kutil untuk membantu proses penyembuhan. Karena bagaimanapun, obat dari dokter atau apotek sudah terjamin kebersihan serta keamanannya. Nah, ada beberapa rekomendasi salep yang ampuh menghilangkan kutil dari kulit wajah:


Foto: Istimewa

1. Benoson Cream, merupakan salep kutil yang ampuh mengatasi kutil, bisul dan berbagai penyakit kulit lainnya. Masalah gatal dan alergi juga bisa diatasi dengan Benoson cream sehingga satu tube Benoson cream berfungsi untuk segala macam kebutuhan penyembuhan masalah kulit. Obat kutil di apotek. Untuk harga, Benoson Cream 5gr hanya sekitar Rp 19.000 saja, dear.

2. Miquimod (Aldara), Obat dalam bentuk salep ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari penyebaran infeksi dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi HPV.

 


Nah, demikian beberapa tips ampuh untuk mengusir kutil dari wajah dan leher. Semoga bermanfaat, dear. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan~


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id