sign up SIGN UP

LIFE

Rambut Mudah Rontok? 5 Makanan Ini Bisa Memperkuat Akar Rambutmu

Lifia Mawaddah Putri | Senin, 06 Jul 2020 15:30 WIB
Rambut Mudah Rontok? 5 Makanan Ini Bisa Memperkuat Akar Rambutmu
caption
Jakarta -

Rambut yang rontok tentu membuat kita jengkel dan khawatir dengan kebotakan. Masalah ini pun bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah pola makan dan gaya hidup. Hal ini sering kali terabaikan tanpa kita sadari. Padahal melalui makanan, kita juga bisa menjaga kesehatan rambut. Berikut ini, Beautynesia.id telah merangkum 5 makanan yang mampu memperkuat akar rambut sehingga enggak mudah rontok.

Bayam

Bayam kaya akan zat besi sehingga bisa perkuat akar rambut
Bayam/freepik.com

Penyebab kerontokan rambut salah satunya adalah kurangnya zat besi. Nah, makanan yang bisa memperkuat akar rambutmu adalah bayam. Sebab, sayuran yang satu ini kaya akan zat besi dan mengandung vitamin A, C dan protein. Bayam juga mengandung sebum yang berfungsi sebagai conditioner alami untuk rambut. Selain itu, bayam pun memiliki kandungan asam omega, magnesium, potasium, kalsium, dan zat besi yang dapat menjaga kulit rambut dan membuat rambut jadi berkilau.

Telur Ayam

Telur ayam kaya akan protein yang dapat perkuat akar rambut
Telur Ayam/freepik.com

Rambut adalah bagian tubuh yang tersusun dari protein. Jadi untuk menjaga kesehatan rambut, kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi protein. Salah satunya adalah telur ayam. Dengan mengonsumsi telur ayam, akar rambutmu pun akan lebih kuat dan enggak mudah patah. Sehingga rambut rontok pun akan berkurang. Selain dikonsumsi, telur juga bisa kamu jadikan bahan untuk membuat masker rambut alami.

Wortel

wortel memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi sebagai kondisioner alami
Wortel/freepik.com

Wortel bukan hanya bagus untuk kesehatan mata. Wortel juga ternyata bagus untuk kesehatan rambut lho, Beautynesian. Alasannya karena sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi sebagai kondisioner alami yang mampu mencegah rambut mudah rontok. Selain wortel, ubi jalar juga mengandung vitamin A yang baik untuk rambut.

Daging Ayam

daging merupakan sumber protein yang tinggi sehingga mampu mencegah kerontokan
Daging Ayam/freepik.com

Daging ayam juga dapat membantu memperkuat akar rambut lho. Hal ini dikarenakan daging merupakan sumber protein yang tinggi sehingga mampu mencegah kerontokan dan membantu pertumbuhan rambut. Selain itu daging ayam juga mengandung asam amino sulfur yang baik untuk rambut. Namun jika kamu adalah seorang vegetarian, kamu bisa mengganti daging ayam dengan tahu atau kacang-kacangan untuk memperkuat akar rambutmu.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa membuat rambut jadi lebih lembut
Alpukat/freepik.com

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa membuat rambut jadi lebih lembut. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E. Kandungan ini adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan kadar minyak dan pH pada kulit rambut. Sebab, kadar minyak yang berlebih pada rambut bisa menjadi penyebab folikel rambut tersumbat dan pertumbuhan rambut pun jadi terhambat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id