sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak yang Benar Agar Tetap Halus

Sulistiowati | Selasa, 09 Jun 2020 17:00 WIB
Cara Mencukur Bulu Kaki dan Ketiak yang Benar Agar Tetap Halus
caption

Tingkat ketebalan bulu yang tumbuh di bagian tubuh tertentu memiliki ketebalan yang berbeda. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh hormon yang diproduksi oleh setiap orang. Namun, bagi wanita masalah bulu tebal di area tertentu harus segera diatasi karena sangat mengganggu penampilan. Terutama rambut di area kaki dan ketiak dapat menurunkan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, tidak sedikit para wanita yang menghilangkan bulu dengan cara mencukur secara rutin. Tapi, meskipun sudah dicukur dengan bersih, bulu pada bagian kaki dan ketiak terasa kasar ketika mulai tumbuh lagi. Kondisi ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk menghindari masalah ini, kamu harus tahu cara membersihkan bulu dengan baik dan benar agar tetap lembut.

1. Basahi Area yang Akan Dicukur


Caramu Mencukur Bulu Ketiak Sudah Tepat Belum? Berikut Tips Mencukur yang Baik dan Aman!Caramu Mencukur Bulu Ketiak Sudah Tepat Belum? Berikut Tips Mencukur yang Baik dan Aman!/ Foto: beautynesia

Usahakan ketika area yang akan dicukur dalam keadaan basah. Sebaiknya, basahi kaki menggunakan air hangar, lalu diamkan sekitar 5 menit untuk menunggu pori-pori dan folikel rambut terbuka. Kondisi ini memudahkan Ladies mencukur sampai ke ujung bulu. Mencukur dalam kondisi kering dapat menyebabkan kulit terluka atau memicu iritasi.

Sedangkan untuk membersihkan bulu ketiak, lakukan ketika sedang mandi. Area ketiak yang basah memudahkan proses mencukur. Kulit ketika lebih tipis dan sensitif dari kulit kaki, jadi membasahi dengan air dingin menjadi pilihan yang paling tepat.

2. Mengoleskan Krim Cukur

Jangan Asal Cukur Ladies, Begini Cara Cukur Bulu Kaki yang Aman dan Benar!Jangan Asal Cukur Ladies, Begini Cara Cukur Bulu Kaki yang Aman dan Benar!/ Foto: beautynesia

Setelah membasahi area yang akan dicukur, jangan lupa mengoleskan krim khusus sebelum mencukur. Saat ini, sudah banyak produk yang beredar di pasaran, baik untuk kaki maupun ketiak. Sebagai alternatif dan menghemat biaya, Ladies dapat mengganti krim cukur dengan conditioner rambut.

Hindari menggunakan sabun mandi karena tidak cukup membuat kulit licin, sehingga bulu menjadi sulit dicukur. Apabila ingin melakukan perawatan dengan bahan alami, Ladies dapat mengoleskan minyak yang bertekstur kental, seperti argan atau zaitun. Kedua bahan ini juga dapat meminimalisir risiko iritasi kulit.

3. Mencukur dengan Arah yang Benar

Cara Mencukur Bulu Ketiak agar Tidak Hitam dan Muncul Bintik KasarCara Mencukur Bulu Ketiak agar Tidak Hitam dan Muncul Bintik Kasar/ Foto: beautynesia

Mencukur bulu kaki dan ketiak tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pembersihan bulu kaki dimulai dari bagian bawah, yaitu pergelangan kaki terus bergerak ke atas secara perlahan-lahan hingga bagian lutut atau paha dalam. Cara ini dapat mengangkat bulu sampai mendekati akar dan tidak cepat tumbuh setelah dicukur.

Sedangkan, bulu yang tumbuh pada bulu ketiak harus dicukur berlawanan arah dengan tumbuhnya rambut, yaitu dari atas ke bawah. Namun, arah pertumbuhan ketiak setiap orang tidak sama, ada bulu yang tumbuh mengarah ke bawah. Sehingga, arah mencukurnya dilakukan dari bawah.

4. Memilih Alat Cukur yang Tepat

Cara Mencukur Bulu Ketiak agar Kulit Tidak Hitam dan Bebas IritasiCara Mencukur Bulu Ketiak agar Kulit Tidak Hitam dan Bebas Iritasi/ Foto: beautynesia

Gunakan alat cukur yang tajam agar bulu dapat bersih dengan sempurna, serta tidak menyebabkan iritasi. Sebaiknya, pilih alat pencukur yang memiliki dua mata pisau. Jangan lupa mengganti alat dengan yang baru apabila mulai tumpul atau berkarat. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, peralatan cukur juga membutuhkan perawatan. Ladies harus membersihkan alat cukur secara rutin. Pastikan tidak ada bulu yang menyangkut pada mata pisau, hal ini dapat mengganggu kinerja alat cukur. Peralatan yang bersih dan higienis terhindar dari bakteri, sehingga kulit aman dari infeksi dan iritasi.

5. Oleskan Pelembap Setelah Mencukur

Body Lotion Gak Cukup! 3 Alasan Penting Kenapa Wajib Pakai Hand Cream Setiap HariBody Lotion Gak Cukup! 3 Alasan Penting Kenapa Wajib Pakai Hand Cream Setiap Hari/ Foto: beautynesia

Setelah mencukur bulu kaki dan ketiak, jangan lupa mengoleskan pelembap. Penggunaan pelembap dapat membantu menenangkan kulit setelah proses pencukuran, serta menjaga kulit tetap lembap dan halus. Gunakan produk yang bebas alkohol, atau manfaatkan bahan alami, seperti minyak kelapa.

Nah, itulah cara mencukur bulu agar tidak cepat tumbuh kembali. Selain itu, baik kulit kaki maupun ketiak tidak akan menghitam dan tetap halus. Dengan mencukur bulu degan baik dan benar, Ladies dapat tampil percaya diri setiap saat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id