sign up SIGN UP

LIFE

Segudang Manfaat Chia Seeds, untuk Diet Hingga Bikin Kulit Awet Muda!

Anggi Putri | Rabu, 17 Jun 2020 22:00 WIB
Segudang Manfaat Chia Seeds, untuk Diet Hingga Bikin Kulit Awet Muda!
caption

Munculnya kesadaran akan pola hidup sehat turut melambungkan nama chia seed. Biji-bijian yang dibilang memiliki bentuk mirip selasih ini sering digunakan sebagai pelengkap dalam menu makanan sehat. Biji-bijian ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah setelah direndam beberapa saat.

Di balik bentuknya yang kecil, chia seed ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan manfaatnya yang sangat bagus untuk kesehatan, chia seed bahkan dikategorikan sebagai super food.

Manfaat yang diberikan bagi tubuh juga bisa menyeluruh, dari sistem pencernaan hingga pencegahan terhadap penyakit.


Membantu Program Diet

image
chia seedchia seeds untuk program diet/pixabay.com

Mengonsumsi chia seed bersama buah-buahan bisa menjadi menu makanan yang akan menyukseskan program diet. Pasalnya chia seed mengandung serat yang tinggi hingga bisa menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama.

Chia seed bisa menyerap air di dalam tubuh dan ukurannya jadi mengembang lebih besar di dalam perut. Dengan begitu, maka asupan kalori dari makanan akan otomatis dikurangi.

Menurunkan Kadar Gula Darah

image
kadar gula/pixabay.com

Sebuah penelitian membuktikan manfaat chia seed dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol gula darah. Kadar gula darah yang terlalu tinggi kemudian bisa turun perlahan dan menjadi stabil. chia seed cocok dijadikan menu makanan penderita diabetes dan yang ingin terhindar dari risiko gula darah tinggi.

Mencegah Kanker

image
mencegah kanker/freepik.com

Biji-bijian yang berasal dari tumbuhan Salvia hispanica ini juga dikenal sebagai antioksidan alami yang baik untuk perlindungan dari radikal bebas. Seperti yang diketahui bahwa radikal bebas memberikan efek buruk bagi tubuh, termasuk risiko penyakit kanker.

Sementara bagi penderita kanker, chia seed mengandung asam alfa-linoleat. Salah satu jenis asam lemak tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menjaga Kesehatan Tulang

image
sehat tulang/freepik.com

Chia seed juga diperkaya berbagai zat penting seperti kalsium, fosfor dan magnesium. Berbagai jenis zat itu dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Diiringi dengan melakukan olahraga rutin, konsumsi chia seed bisa menghindarkan tulang dari osteoporosis dan masalah tulang lainnya ketika usia lanjut. chia seed bisa jadi pilihan bagi yang ingin menjaga kesehatan tulang namun enggan minum susu.

Mencegah Penyakit Jantung

Yuk Rajin Sikat Gigi 3 Kali Sehari untuk Turunkan Risiko Serangan JantungYuk Rajin Sikat Gigi 3 Kali Sehari untuk Turunkan Risiko Serangan Jantung/ Foto: Freepik.com

Kandungan omega-3 yang cukup tinggi pada chia seed berfungsi sebagai pencegah penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa chia seed bekerja dengan menurunkan tekanan darah sehingga menjaga kerja jantung tetap stabil. Manfaat chia seed untuk kesehatan jantung ini bisa maksimal jika diimbangi dengan gaya hidup sehat, menghindari rokok dan rutin berolahraga.

Menjaga Kesehatan Kulit

image
kesehatan kulit/pixabay.com

Ternyata chia seed tidak hanya berguna bagi kesehatan organ dalam tubuh. Biji-bijian yang banyak ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko ini juga bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan omega-3 di dalamnya bisa membantu mejaga kelembaban kulit dan menjaganya dari pengaruh buruk sinar matahari.

Rajin mengonsumsi chia seed sebagai menu makan sehari-hari akan menghasilkan kulit yang awet muda dan terhindari dari tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id