sign up SIGN UP

Suka Gampang Lapar? 7 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Kamu Kenyang Lebih Lama Lho!

ira syafira | Rabu, 25 Aug 2021 23:15 WIB
Suka Gampang Lapar? 7 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Kamu Kenyang Lebih Lama Lho!
caption

Menahan lapar bukanlah suatu hal yang mudah, bukan? Biasanya kebiasaan lapar ini sering kamu rasakan ketika menjalani diet atau mungkin berpuasa. 

Namun, ternyata hal ini bisa kamu siasati dengan beragam cara lho, Beauties. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa membantumu untuk kenyang lebih lama. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki karakteristik tersebut, seperti makanan yang kaya protein dan mengandung banyak serat.

Daripada kamu penasaran apa aja makanan yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Yuk simak rekomendasi makanan sehat yang mengenyangkan berikut ini, Beauties!

1. Kentang Rebus

Kentang Rebus/Foto: Unsplash/Egidijus Bielskis
Kentang Rebus/Foto: Unsplash/Egidijus Bielskis

Jika kamu sedang melakukan diet, pasti kamu akan mendengar bahwa mengganti nasi sebagai sumber karbohidrat  dengan makanan lain seperti kentang bisa jadi pilihan tepat. 

Mengapa demikian? tidak banyak orang tahu jika kentang yang dimasak tanpa dikupas bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang dilengkapi juga dengan air dan karbohidrat. Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kentang hampir tidak mengandung lemak.

Jika kamu bandingkan dengan sumber karbohidrat yang lain, kentang menjadi makanan yang paling mengenyangkan. Worth it banget buat dicoba nih Beauties!

2. Oatmeal

Oatmeal/Foto: Unsplash/Margarita Zueva
Oatmeal/Foto: Unsplash/Margarita Zueva

Mengonsumsi oatmeal sepertinya masih terdengar awam dan tidak biasa untuk masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka jika oatmeal bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. 

Oatmeal tergolong sebagai makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks, dimana ia bisa tetap menjaga berat badan meski dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sarapan dengan semangkuk oatmeal sudah cukup untuk membuat harimu lebih bersemangat dan tidak mudah terasa lapar. 

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan susu rendah lemak, buah-buahan segar, atau kacang-kacangan.

3. Telur

Telur/Foto: Unsplash/Monika Grabkowska
Telur/Foto: Unsplash/Monika Grabkowska

Telur pada dasarnya mengandung protein yang baik untuk tubuh. Hanya dengan 1 butir telur, kamu bisa mendapatkan 6 gram protein sekaligus dengan kandungan 9 asam amino. 

Telur bisa masuk ke dalam indeks makanan dengan skor tinggi yang membuatmu merasa kenyang. Sebuah studi menjelaskan, dengan mengonsumsi dua telur sebagai sarapan akan membantu menahan rasa lapar hingga siang hari. Dengan ini, artinya telur bisa dianggap lebih baik dibandingkan dengan roti biasa. 

4. Ikan

Ikan/Foto: Unsplash/Jeremy Stewart
Ikan/Foto: Unsplash/Jeremy Stewart

Ikan sangat dikenal dengan kandungan proteinnya yang berkualitas tinggi. Ikan juga memiliki asam lemak omega-3 dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Bukan tanpa alasan, ikan bisa membantu merasa kenyang karena protein pada ikan memiliki reaksi yang lebih kuat dibanding protein dari jenis makanan lainnya.

Dibandingkan dengan sumber protein dari yang lain, ikan menempati peringkat tertinggi sebagai sumber protein yang bisa membantu kita untuk merasa kenyang lebih lama.

5. Greek Yogurt

Greek Yogurt/Foto: Unsplas/Drica Pinotti
Greek Yogurt/Foto: Unsplas/Drica Pinotti

Greek yogurt berbeda jika dibandingkan dengan yogurt biasa. Tekstur yang dimiliki oleh greek yogurt memiliki ketebalan dan kadar protein yang lebih tinggi. Selain itu, greek yogurt ini bisa juga dijadikan sebagai makanan untuk menunda rasa lapar.

Pasalnya, greek yogurt memiliki protein yang lebih tinggi namun kalorinya tidak sebesar yogurt biasa. Jika kamu sedang ada dalam sebuah program diet, maka greek yogurt bisa kamu jadikan sebagai sarapan atau camilan. Hanya sekali mengonsumsi greek yogurt, kamu dijamin tidak akan lapar hingga beberapa jam berikutnya. 

6. Apel

Apel/Foto: Pexels/Mareefe
Apel/Foto: Pexels/Mareefe

Apel adalah buah yang memiliki sumber serat cukup tinggi, yakni sekitar 80 persen. Serat tersebut datang dari serat larut yang dinamakan pektin, yaitu serat yang membentuk zat seperti gel ketika dikonsumsi. 

Apel dianggap mampu mengenyangkan perut lebih lama karena ia akan membantu memperlambat proses pencernaan. Kandungan dalam 100 gram apel, akan mengandung setidaknya 52 kalori, 86% air, 0,3% protein, 13,8% karbohidrat, 10,4% gula, 0,2% lemak, dan 2,4% serat. Walaupun kandungan gula dan karbohidratnya cukup tinggi, apel hanya memiliki indeks glikemik yang rendah. 

7. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam/Foto: Pexels/Polina Tankilevitch
Cokelat Hitam/Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Apa Beauties pernah menyangka bahwa mengonsumsi cokelat juga bisa membantu untuk kenyang lebih lama? Jawabannya bisa lho, Beauties. Namun, bukan sembarang cokelat yang bisa kamu konsumsi. 

Jenis cokelat yang mengenyangkan adalah cokelat hitam atau dark chocolate. Dalam 100 gram cokelat hitam hanya terkandung 70 kalori. Sebuah penelitian menemukan, mengonsumsi cokelat hitam sebelum makan bisa membantu kita menyantap makanan lebih sedikit. 

Hal demikian bisa terjadi karena adanya senyawa dalam cokelat hitam yang dapat memperlambat proses pencernaan, dan juga akan membuatmu kenyang lebih lama.

Banyak sekali kan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantumu menahan lapar lebih lama. So, nggak perlu khawatir lapar lagi deh!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id