sign up SIGN UP

LIFE

Tak Cuma Enak & Segar, Cincau Juga Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh Saat Puasa

Tria Oktyana | Senin, 20 May 2019 08:30 WIB
Tak Cuma Enak & Segar, Cincau Juga Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh Saat Puasa
caption
Cincau menjadi salah satu pilihan menu berbuka puasa yang nikmat. Tak hanya teksturnya yang kenyal dan lembut, cincau juga menjadi pelepas dahaga yang menyegarkan. Namun jangan salah, cincau juga punya banyak manfaat untuk tubuh kamu Ladies. Apa saja?

Memperlancar Pencernaan


Cincau selalu dijadikan menu berbuka puasa karena sederhana dan praktis. Walaupun cukup ekonomis makanan satu ini memiliki banyak manfaat untuk pencernaan kita. Masalah pencernaan yang selalu terjadi saat bulan puasa adalah kurangnya asupan air dan serat. 

Cincau dibuat dari tanaman Platistoma plaustre (anggota keluarga tanaman mint). Tanaman ini mengandung komponen gila yang dapat melawan bakteri penyebab sakit perut. Cincau juga mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan. 


Foto: https://id.pinterest.com/justmegengen/

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Cincau kaya akan antioksidan yang memastikan kekebalan tubuh agar kuat menghadapi paparan radikan bebas atau infeksi. Meski tubuh kita punya kemampuan memproduksi antioksidan sendiri tapi jumlahnya tidak cukup untuk melindungi seluruh tubuh. Selain itu, cincau mengandung serat yang tinggi dan polifenol yang membantu tubuh melindungi kerusakan sel. Sehingga tubuh menjadi sehat selama bulan puasa. 


Foto: https://id.pinterest.com/miksonn/

Menurunkan Kadar Kolesterol


Makan setelah tidur ataupun mengandung lemak membuat kadar kolesterol dalam darah kita meningkat saat bulan puasa. Seperti yang kita tahu cincau memiliki kadar serat yang tinggi dan antioksidan. Hal ini juga membantu kerja tubuh dan menyerap kembali kelebihan garam di usus halus. Sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di tubuh. 


Foto: https://id.pinterest.com/elaineseafish/

Mengendalikan Gula Darah


Tidak hanya menurunkan kolesterol, cincau juga terbukti menurunkan kadar gula dalam tubuh. Cincau mengandung klorofil dan alkaloid yang membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Walaupun cincau dapat menendalikan gula dalam darah, tetapi menu buka puasa cincau dengan gula yang sangat banyak juga tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu apabila kamu memiliki masalah dengan gula darah, mengurangi asupan gula adalah hal yang diwajibkan. 


Foto: https://id.pinterest.com/Kingjester90/

Membantu Menurunkan Berat Badan


Untuk para pejuang tubuh ideal selama bulan puasa, memasukan cincau dalam menu buka puasa adalah hal yang tepat. Cincau terbukti memiliki manfaat dalam mengontrol berat badan. Cincau mengandung kalori yang rendah dan tinggi serat, sehingga sangat baik untuk program diet. Namun  harus diperhatikan juga makanan pelengkap cincau agar tidak terlalu banyak konsumsi gula.


Foto: https://id.pinterest.com/diyjoycrafts/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id