sign up SIGN UP

LIFE

Tersiksa Enggak Bisa Naik Mobil karena Mabuk Perjalanan? Ini Tips Mengatasinya

Marissa Fenyapwain | Senin, 23 Dec 2019 06:45 WIB
Tersiksa Enggak Bisa Naik Mobil karena Mabuk Perjalanan? Ini Tips Mengatasinya
caption
Mabuk perjalanan bisa dialami siapa saja. Keadaan enggak nyaman ini dapat merusak mood dan membuat perjalanan menjadi enggak menyenangkan, apalagi kalau Ladies sedang dalam perjalanan untuk berlibur. Untuk mengatasinya, intip tips berikut yuk!

Ladies, pernah enggak mengalami mabuk perjalanan? Mabuk perjalanan bukan merupakan kondisi yang berbahaya, tetapi hal ini dapat menyebabkan rasa mual hingga muntah. Selain itu, mabuk perjalanan juga dapat membuat penderitanya mengalami pusing, wajah pucat, peningkatan produksi air liur, tidak nyaman pada bagian perut, lemas, mengeluarkan keringat dingin, serta kehilangan keseimbangan.

Kondisi tidak nyaman ini bisa kamu atasi kok, Ladies. Berikut tipsnnya!

1. Hindari makan yang terlalu kenyang


Foto: https://saidaonline.com

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan adalah kondisi perut. Mengisi perut sebelum perjalanan memang sangat penting, namun jangan sampai berlebihan dan membuat kamu kekenyangan. Guncangan dari kendaraan biasanya bisa membuat mual sehingga membuat makanan dalam perut keluar alias muntah. 


2. Pejamkan mata dan istirahat sejenak


Foto: https://caseros.com

Salah satu cara untuk mengatasi mabuk perjalanan saat Ladies mulai merasakan mual dan pusing adalah dengan memejamkan mata dan istirahat sejenak. Pastikan posisi kepala berada di posisi stabil agar enggak membuat kamu semakin pusing.


3. Makan permen


Foto: https://easyhealth.com

Mengkonsumsi permen selama perjalanan dapat membantu mengurangi rasa mual karena permen dapat menekan produksi asam lambung dan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan. Ladies bisa memilih jenis permen dengan rasa mint ataupun buah-buahan seperti jeruk, lemon, atau stroberi. Cara mengatasi mabuk perjalanan ini cukup ampuh lho, Ladies.
 


4. Hindari bermain gadget


Foto: https://iavoei.com

Bermain gadget saat perjalanan membuat mata, telinga, dan otak kesulitan untuk mencerna informasi. Hal itu menambah risiko untuk mual dan pusing  dalam perjalanan. Untuk itu, sebaiknya istirahatkan tubuh. Jika mulai merasa kantuk dan lelah, sebaiknya tidur agar tubuh bisa fresh ketika sampai tujuan.
 


5. Minum obat anti mabuk


Foto: https://harvardhealth.com

Minum obat adalah alternatif paling aman agar terhindar dari mual saat dalam perjalanan. Obat anti mabuk kebanyakan akan menimbulkan rasa kantuk, sehingga mata dan telinga akan mengistirahatkan sensornya untuk menghindari rasa mual. Dengan begitu, selama perjalanan kamu akan tertidur dan tidak merasakan mabuk perjalanan.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id