sign up SIGN UP

LIFE

Vidi Aldiano Idap Kanker Ginjal, Bagaimana Pencegahannya?

Tria Oktyana | Minggu, 15 Dec 2019 06:00 WIB
Vidi Aldiano Idap Kanker Ginjal, Bagaimana Pencegahannya?
caption
Penyanyi ganteng Vidi Aldiano, dikabarkan divonis menderita kanker ginjal. Kanker merupakan penyakit berbahaya yang dapat diderita siapapun. Sebelum terlambat, Yuk! Lakukan hal ini untuk mencegah penyakit berbahaya ini.

Kanker ginjal merupakan penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya sel ganas pada organ ginjal. Penyakit ini belum dapat dijelaskan apa penyebabnya, tetapi penyakit berbahaya satu ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan pada areal pinggang, kencing berdarah, demam, merasa lelah dan berkeringat pada malam hari.
 
Penyakit satu ini merupakan penyakit berbahaya yang perlu dihindari. Oleh sebab ini, sebelum terlambat lakukan hal berikut ini untuk mencegahnya. 


Hindari Rokok




Foto: https://id.pinterest.com/preetisg232/

Seperti yang kita ketahui, rokok memiliki efek yang buruk untuk kesehatan. Termasuk dapat menjadi faktor pemicu pertumbuhannya sel kanker. Hal ini dikarenakan dalam rokok terkandung zat karsinogen yang diklaim merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. Bukan hanya untuk perokok aktif, tetapi perokok pasif juga dapat menderita kanker karena asap rokok yang masuk saat terhirup dan masuk ke aliran darah. 

Sejalan dengan ini, dilansir dari Cancer Research UK, merokok bukan hanya dapat menyebabkan kanker paru-paru tetapi hampir semua jenis kanker. 


Konsumsi Makan yang Banyak Serat




Foto: https://id.pinterest.com/galmeetsglam/

Mengonsumsi makanan yang kekurangan serat juga dapat menyebabkan kanker ginjal. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengikat lemat dan hormon berlebih pada tubuh. Kekerungan serat dalam tubuh dapat menyebabkan hambatan dalam mengeluarkan racut ataupun zat yang berlebih sehingga pertumbuhan sel kanker dapat terjadi. 

Untuk itu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran wajib dilakukan untuk mencegah penyakit berbahaya ini. 


Olahraga Teratur




Foto: https://id.pinterest.com/stephaniefestejo/

Olahraga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Bukan hanya memiliki bentuh tubuh yang ideal tetapi juga untuk kesehatan tubuh. Orang yang melakukan olahraga teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit termasuk kanker. Hal ini dikarena orang yang melakukan olahraga teratur memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat sehingga tidak rentan terhadap penyakit.

Untuk mencegah penyakit berbahaya ini terjadi, yuk! lakukan olahraga teratur minimal 3 kali seminggu untuk mencegah berbagai macam penyakit. 


Hindari Kegemukan atau Obesitas




Foto: https://id.pinterest.com/gabriellaruborg/

Orang yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih atau obesitas rentan terhadap penyakit berbahaya termasuk kanker. Hal ini dikarena timbunan lemak berlibih di tubuh dapat menghambat kinerja tubuh sehingga menyerapan nutrisi dan pembungan racun dalam tumbuh juga tidak berjalan lancar. Sehingga sangat rentan untuk timbulnya sel kanker. 

Apabila kamu memiliki berat badan berlebih atau termasuk kedalam obesitas. Kamu dapat melakukan olahraga teratur dan diet yang sehat agar dapat mengurangi berat badan. Diet yang tak sehat sangat penting untuk dihindari karena dapat berbahaya untuk kesehatan. So, lakukanlah diet yang sesuai dengan kemampuan dan yang kamu butuhkan. 


Tidur yang Cukup




Foto: https://id.pinterest.com/Emily30Red/

Tidur merupakan waktu untuk tubuh beristirahat. Saat kita tertidur, sistem dalam tubuh kita melakukan regenerasi dan bersistirahat. Sehingga kekurang tidur dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya termasuk kanker ginjal. Untuk itu sangat penting memperhatikan kebutuhan tidur. Tidurlah dengan cukup di malam hari, karena tidur saat mala hari lebih baik daripada tidur saat siang. 

Sumber: www.cancerresearchuk.org


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id