sign up SIGN UP

LIFE

Waduh, Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok Lho!

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 23 Mar 2021 15:00 WIB
Waduh, Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok Lho!
caption

Rambut rontok adalah masalah yang pastinya bikin jengkel. Kebanyakan wanita bahkan rela melakukan perawatan khusus agar rambutnya kuat dan enggak mudah rontok. Selain karena terlalu banyak melakukan hair styling atau sampo yang enggak cocok, ternyata rambut rontok juga bisa diakibatkan karena faktor makanan. Berikut ini, Beautynesia.id sudah merangkum 5 makanan yang dapat memicu kerontokan rambut. Jangan terlalu banyak dikonsumsi ya!

Makanan Tinggi Protein Hewani

Protein hewani yang terkandung dalam daging merupakan salah satu zat penting bagi kesehatan rambut.
Daging/freepik.com

Protein hewani yang terkandung dalam daging merupakan salah satu zat penting bagi kesehatan rambut. Sebab, kandungan ini mampu memperkokoh dan menebalkan rambut. Sayangnya, kalau kamu mengonsumsinya secara berlebihan, kamu akan mendapat efek sebaliknya. Rambutmu justru akan mudah rontok. Agar hal ini enggak terjadi, sebaiknya tambahkan menu makanan tinggi serat seperti brokoli, bayam, tahu atau gandum.

Ikan yang Mengandung Merkuri

Ikan memang baik untuk dikonsumsi. Tapi, beberapa jenis ikan laut ada yang telah tercemar merkuri. Merkuri yang terkandung dalam ikan tersebut bisa menjadi racun bagi kesehatan rambut. Sehingga, hal ini pun dapat mengakibatkan kerontokan. Beberapa jenis ikan yang biasanya tinggi akan kandungan merkuri misalnya seperti ikan makarel dan tuna.

Makanan Tinggi Selenium

Selenium merupakan mineral yang memang dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan. Namun, kalau kamu terlalu sering mengonsumsi mkanan dengan kandungan selenium yang tinggi, bisa-bisa rambutmu akan mudah rontok.
Tuna/freepik.com

Selenium merupakan mineral yang memang dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan. Namun, kalau kamu terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kandungan selenium yang tinggi, bisa-bisa rambutmu akan mudah rontok. Jenis makanan yang mengandung selenium yang tinggi adalah ikan tuna. Jadi, batasilah mengonsumsi ikan jenis ini ya, Beautynesian.

Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Lemak jenuh memang salah satu zat yang enggak baik bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja. Ternyata mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh seperti junk food juga mempengaruhi kesehatan rambut lho! Sebab, lemak jenuh bisa membuat pori-pori di kulit menjadi tersumbat. Kondisi inilah yang kemudian akan membuat rambutmu mudah rontok.

Makanan dengan Kandungan Indeks Glikemiks Tinggi

Terakhir, buat kamu yang menyukai makanan manis, sebaiknya batasilah mengonsumsi makanan dengan kandungan glikemiks tinggi ya.
Roti Tawar/freepik.com

Terakhir, buat kamu yang menyukai makanan manis, sebaiknya batasilah mengonsumsi makanan dengan kandungan glikemiks tinggi ya. Misalnya saja seperti permen, roti putih, pasta, margarin, aneka kue, dan bahkan nasi putih.

Hal ini disebabkan karena tubuh mengolah gula dari makanan, hormone insulin akan memberikan respon terhadap peningkatan glukosa. Kondisi inilah yang menyebabkan kadar androgen meningkat. Sehingga hal ini akan mempengaruhi folikel pada kulit kepala.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id